Puluhan Nelayan Aceh yang Ditahan di Thailand Dapat Amnesti Raja

Ilustrasi

Banda Aceh, Acehportal.com - Sebanyak 51 nelayan asal Aceh Timur yang selama ini ditahan di penjara Phang Ngah, Thailand, mendapatkan amnesti bebas dari Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn (Rama X).

Amnesti itu diberikan dalam rangka ulang tahun Raja Thailand pada 28 Juli 2020 lalu. Hal ini diungkapkan Sekretaris Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek, Jumat (11/9/2020) malam melalui grup Whatsapp Media Panglima Laot Aceh.

"Sejumlah 51 WNI yang merupakan nelayan asal Aceh Timur mendapatkan amnesti dari Raja Thailand, YM Rama X. Amnesti diberikan dalam rangka ulang tahun Raja Thailand pada 28 Juli 2020. Amnesti tersebut ditetapkan melalui keputusan Hakim Pengadilan Phang Ngah, Rabu (9/9/2020)," ungkapnya.

Miftach menjelaskan, sebelumnya ada 57 orang nelayan asal Aceh Timur yang ditangkap otorias Thailand. Para nelayan ini ditangkap karena melakukan penangkapan ikan di wilayah tersebut.

Namun, pihak Thailand membebaskan enam orang nelayan karena masih di bawah umur dan sisanya sebanyak 51 nelayan lainnya ditahan di penjara Phang Ngah.

"Sebanyak 57 orang di Thailand, dikembalikan karena di bawah umur enam orang jadi sisanya 51 orang," katanya.

Saat ini pun masih ada puluhan nelayan Aceh yang ditahan di luar negeri atas kasus serupa. Sebanyak 53 orang nelayan Aceh ditahan di India dan satu orang lainnya di Myanmar.

"Di India 53 orang dan Myanmar satu orang," tambah Miftach Cut Adek.

Informasi yang dihimpun seperti dilansir Acehkini (Kumparan.com), kini puluhan nelayan tersebut telah dibebaskan dari penjara Phang Ngah dan dipindahkan ke Pusat Detensi Imigrasi, Bangkok, untuk selanjutnya dipulangkan ke Indonesia.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:Internasional

Komentar

Loading...