Mahasiswa Protes Kinerja DPRA dan Pemerintah Aceh

Aksi Aliansi Mahasiswa Aceh di kantor DPRA, Selasa (8/9/2020

Banda Aceh, Acehportal.com -  Ratusan mahasiswa dari sejumlah kampus di Banda Aceh mengatas nama Aliansi Mahasiswa Aceh menggelar aksi unjuk rasa di Gedung DPRA Selasa (8/9/2020).

Dalam orasinya para mahasiswa kecewa dengan kinerja DPRA yang dinilai tidak bekerja dengan baik dan lalai mengawasi kebijakan Plt Gubernur yang tidak berpihak kepada rakyat Aceh.

“Anggota dewan DPRA pada tidur tidak mengawasi kebijakan Plt Gubernur Aceh, sekarang masyarakat Aceh telah terpecah belah karena uang dan Aceh saat ini tidak dalam keadaaan baik, masyarakat semakin miskin,” teriak mahasiswa dalam orasinya di halaman Gedung utama DPRA.

Ditengan wabah covid yang semakin meningkat ini, pemerintah bukannya mengeluarkan kebijakan yang pro terhadap rakyat, sedangkan DPRA hanya diam saja.

“Kami saat ini masih mematuhi hukum, kami masih mematuhi sistem bila kami sudah gerah dengan tingkah wakil rakyat dan pemimpin Aceh maka mahasiswa seluruh Aceh akan turun ke jalan untuk menjemput Plt Gubernur,” teriak Koordinator Lapangan Aliansi Mahasiswa Aceh Dede Adistira dalam orasinya.

Kemudian mahasiswa juga mempertanyakan penggunaan dana penanganan covid 19 yang tidak transparan, “Kami mahasiswa meminta DPRA untuk menyidang Plt Gubernur Aceh atas kebijakan yang telah dikeluarkan dan tidak berpihak kepada rakyat, dan DPRA jangan hanya tidur,” ungkap mahasiswa lagi.

Meski diguyur hujan aksi mahasiswa tetap berjalan lancar dengan dikawal aparat kepolisian serta Satpol-pp. Aksi mahasiswa diterima langsung Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin dan sejumlah anggota DPRA lainnya.

Setelah berorasi di halaman kantor, akhirnya mahasiswa dibolehkan memasuki ruangan yang digunakan untuk sidang paripurna. Dengan beralas lantai mahasiswa pun menyampaikan tuntutannya kepada pimpinan DPRA.

Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin yang berada di dalam ruang tersebut menerima menandatangani sejumlah poin tuntutan mahasiswa yang tertulis di atas selembar  kertas. Setelah menyampaikan tuntutan itu mahasiswa membubarkan diri.

Penulis:Rol/Redaksi
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...