Bakti Sosial di Tengah Covid-19, Ini yang Dilakukan “ALTAR 89” Aceh

Aceh Besar - Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Hassanudin S.I.P., M.M beserta "Altar 89" Aceh menghadiri kegiatan latihan antar satuan Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) I Jalak Sakti 2020 di Landasan Udara Sultan Iskandar Muda (Lanud SIM), Kabupaten Aceh Besar, Selasa (8/9/2020).

Ratusan prajurit TNI AU menunjukkan kebolehannya dalam hal menangkap pesawat asing yang masuk ke wilayah Aceh tanpa izin, atraksi terjun payung, hingga taktik serangan, dan melumpuhkan musuh.

Tak hanya latihan tempur, prajurit TNI AU bersama lembaga pemerintah BNPB, Basarnas, PMI dan Dinas Sosial juga melakukan simulasi dan penanganan terkait kebencanaan.

Latihan dan simulasi ini melibatkan alutsista TNI AU, diantaranya Pesawat Tempur F-16, Pesawat Pesawat Hawk 100/200, Pesawat Nas 332 Super Puma, Pesawat EC 725 Caracal, serta helikopter AS365 N3+ Dauphin milik Basarnas.

Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) I, Marsekal Muda (Marsda) TNI Ir. Tri Bowo Budi Santoso M.M., M.Tr (Han), mengatakan latihan dan simulasi ini sengaja dilakukan dengan melibatkan sejumlah lembaga pemerintah lainnya untuk kepentingan dalam menghadapi kebencanaan ke depan.

Selain itu, setelah kegiatan latihan turut dilaksanakan Bhakti Sosial yang diprakarsai oleh Alumni TNI-Polri Akabri 89 atau yang dikenal dengan Altar 89. Kegiatan Bhakti Sosial tersebut mengusung tema “Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit”.

Penyerahan bantuan 2000 paket sembako dan masker diserahkan secara simbolis oleh Pangdam Iskandar Muda, Pangkoopsau I, Danlanud Atang Sanjaya dan ALTAR 89 Aceh yang hadir dalam kegiatan Bakti Sosial, yaitu Irdam Iskandar Muda, Brigjen TNI Ahmad Faizal, Perwira Staf Ahli Pangdam IM bidang Ekonomi, Kolonel Czi Tri Hascaryo, dan Sesminvetcaddam IM Letkol Inf Noor Alim.

“Bhakti Sosial ini merupakan pengabdian dari Alumni TNI-Polri Akabri 89 di tengah wabah Covid-19,” ujar Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayor Jenderal TNI Hassanudin.

Komentar

Loading...