Sita 3,5 Ton Kayu, Polisi Amankan Lima Pembalak Liar di Aceh Timur

Barang bukti kayu yang diamankan Polres Aceh Timur. (Ist)

Idi Rayeuk, Acehportal.com - Sat Reskrim Polres Aceh Timur mengamankan lima pelaku pembalakan liar di Aceh Timur. Dimana, pihaknya juga menyita barang bukti kayu olahan berbagai jenis sebanyak 3,5 ton.

Mereka ditangkap di hutan kawasan Gampong Sijudo, Kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur, Senin lalu.

"Kelima pelaku berinisial NZ (40), BS (36), MR (43), SF (20) dan AR (22). Penangkapan berawal dari laporan dugaan aktivitas pembalakan liar di hutan setempat," ujar Paur Humas Polres Aceh Timur, Bripka Kamil, Sabtu (5/9/2020).

Saat menerima informasi adanya kegiatan ilegal logging, petugas langsung menuju ke lokasi untuk melakukan penyelidikan. Disana, polisi menemukan sebuah tempat yang diduga digunakan oleh para pembalak liar tersebut.

"Polisi melakukan tangkap tangan terhadap lima orang di lokasi. Ditemukan kayu yang sudah diolah menjadi papan, gelondongan serta alat memotong kayu," katanya.

"Lebih kurang setengah ton kayu olahan berbentuk papan berjenis kayu merbau, kayu meranti, kayu damar serta sekitar tiga ton kayu olahan lain dan enam batang kayu bulat, juga disita alat pembelah kayu dan barang bukti lain," jelasnya.

Kini, barang bukti kayu sudah diamankan ke Mapolres Aceh Timur. Kepada petugas, para pelaku mengaku bekerja pada BM dan AD. Keduanya diduga sebagai pemodal dan pemilik kegiatan pembalakan liar.

"BM dan AD dimasukkan dalam daftar pencarian orang (DPO) dan sekarang sedang kita buru," tambah Bripka Kamil.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...