Hujan Lebat Landa Abdya, Puluhan Rumah Tergenang Banjir

Ilustrasi

Blangpidie, Acehportal.com - Hujan lebat melanda sejumlah Kecamatan dalam wilayah Aceh Barat Daya (Abdya) Senin (31/8/2020) sekitar pukul 17.30 Wib. Tiga jam kemudian, puluhan rumah di Kabupaten itu dilaporkan tergenang banjir seperti terjadi di Kecamatan Manggeng dan Lembah Sabil.

"Ini banjir yang terjadi malam ini bisa saya katakan sangat besar. Hujan lebat terjadi sebelum Magrib dan malamnya ratusan rumah sudah tergenang,"ucap seorang warga Manggeng, Syarifuddin, Senin (31/8/2020) malam sekitar pukul 21.00 Wib.

Menurut Syarifuddin, banjir yang acap kali terjadi di Abdya ini khususnya Kecamatan Manggeng dan Lembah Sabil karena penangkalan (dangkal) sungai di kawasan itu sehingga sebentar hujan, air sungai langsung melimpah dan mengenangi pemukiman penduduk.

Bahkan kata warga Manggeng itu, sejumlah desa yang bisa dikatakan lebih tinggi seperti Gampong Padang, Desa Kedai Kecamatan Manggeng juga dilanda banjir numpang lewat itu. Padahal kawasan itu termasuk kawasan aman. Itu artinya, sungai Manggeng itu harus dilakukan pengerukan segera, kenapa karena kalau dibiarkan dangkal maka setiap hujan, masyarakat pasti kebanjiran.

"Jadi mau tidak mau, Pemkab Abdya melalui Dinas PUPR atau BPBK harus menyediakan anggaran untuk pengerukan sungai Manggeng tersebut. Kasihan warga Manggeng kalau sungai tidak dikerukan maka ratusan rumah pasti tergenang setiap hujan,"sebut warga itu.

Di lokasi, hingga laporan ini dikirim pada pukul 21.20 Wib, banjir juga belum surut dan ketinggian banjir mencapai 30 cm hingga 1 meter terutama di kawasan lebih rendah. Oleh karena itu, masyarakat diminta supaya lebih berhati-hati karena mengingat curah hujan masih terjadi.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...