Gelar Silaturahmi dengan Media, Pangdam IM: Peran Jurnalis Sangat Penting Bagi Kami

Banda Aceh, acehportal.com - Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Hassanudin S.I.P., M.M menggelar “coffee morning” bersama insan pers di Aula BTU Makodam IM, Kota Banda Aceh, Selasa (1/9/2020).

Dari unsur pers, hadir perwakilan dari organisasi kewartawanan di bawah konstituen Dewan Pers, seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Aceh, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh, para pimpinan umum perusahaan dan pemimpin redaksi media cetak, elektronik, online, serta para jurnalis di Kota Banda Aceh.

Kepala Penerangan Kodam IM (Kapendam), Kolonel Arh Sudrajat S.H., dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada insan pers karena selama ini telah berkontribusi positif, membantu dan mendukung Kodam IM dalam melaksanakan tugas pokoknya.

“Kegiatan Forum Aspirasi Aceh Damai, Bangkit dan Maju di Kodam maupun di Gedung Wali Nanggroe semua memberitakan hal yang positif. Selain itu, Alhamdulillah Pendam IM berhasil meraih juara tiga lomba karya jurnalistik, dan ini juga tidak lepas dari peran media,” ujar Kapendam.

Sementara itu, Pangdam IM dalam sambutannya mengatakan di era kekinian seperti saat ini membuat khalayak semakin terbuka dalam menyampaikan informasi. Namun, Pangdam meyakini bahwa para jurnalis lah yang mempunyai update data yang bisa dipertanggungjawabkan dengan integritasnya dan profesionalnya.

“Siapapun bisa membuat berita, namun penyebaran informasi yang belum terkonfirmasi, salah mengutip bisa berdampak ke kita semua. Jadi peran para jurnalis jauh lebih penting dalam rangka penyebaran, pengedukasian informasi kepada khalayak banyak,” ujar orang nomor satu di Kodam IM.

Menurut Pangdam IM, keterpaduan seperti yang telah terjalin selama ini bukan hal yang baru, namun perlu kita tindaklanjuti secara terus menerus. Pangdam mencontohkan, pada beberapa bulan kebelakang Pendam IM mendapat apresiasi juara tiga tingkat Angkatan Darat berkat kerjasama dengan insan jurnalis dalam mempublikasikan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun ini.

“Saya berharap kedepannya peran sinergitas kebersamaan kita saling mengisi dan saya sangat butuh para media dalam rangka mensosialisasikan, penyampaian apa-apa yang kami kerjakan, terutama di saat wabah Covid-19 sekarang” kata Pangdam.

Pangdam juga berpesan kepada awak media untuk mengutip filosofi “Restoran Padang”.

“Kalau enak beri tahu sanak saudara dan teman-teman, kalau tak enak beri tahu ke kami. Kalau ada hal-hal yang pas, sebarkanlah. Kalau ada yang kurang, jangan sungkan beri tahu sehingga kami bisa memperbaiki, mengoreksi diri, dan kami pun menyadari bahwa sesungguhnya kami jauh dari sempurna,” tutupnya.

Pada kegiatan silaturahmi Pangdam IM bersama insan pers Kota Banda Aceh ini tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebelum acara di mulai, seluruh hadirin diwajibkan mencuci tangan, diperiksa menggunakan alat pengukur suhu tubuh, dan semua hadirin menggunakan masker. Hadir juga dalam acara ini, Kapok Sahli Kodam IM, para Asisten Kasdam IM, Kaajendam IM, Dandim 0101/BS, Danpomdam IM dan Dandeninteldam IM.

Komentar

Loading...