Dayah Babussalam Matangkuli Raih Apresiasi Berbagi Praktik Baik

Foto ist

Banda Aceh, Acehportal.com - Dayah Babussalam Al Hanafiyyah Matangkuli Kabupaten Aceh Utara mendapat penghargaan sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Islam "Apresiasi Berbagi Praktik Baik Sambut Tahun Ajaran Baru 2020/2021", dan satu-satunya di Sumatera.

Penghargaan ini diberikan Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) terhadap lembaga yang menyelenggarakan Praktik Baik dalam proses belajar mengajar selama masa pandemi Covid-19.

Praktik Baik yang diberi apresiasi ini berupa video praktik pembelajaran berdurasi maksimal dua menit.Kategori praktik yang diapresiasi, yaitu BDR (Belajar Dari Rumah) dan Pembelajaran Tatap Muka.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Pesantren Babussalam Al Hanafiyyah Matangkuli.

"Alhamdulillah, ini adalah prestasi bagi kalangan santri yang membanggakan, membuktikan dayah hari ini tidak hanya punya kemampuan di bidang agama, namun juga sudah siap berkompetisi secara global," kata Iqbal, Senin, (24/08/2020).

Menurutnya, pengembangan informasi teknologi dan berbagai skill lainnya di pesantren harus ditingkatkan.

"Kita berharap ke depan kader-kader pesantren akan punya kompetensi dan profesionalitas, anak-anak kita perlu dipersiapkan sejak sekarang, sebagai penerus generasi sekaligus pemimpin bangsa masa depan," ucap Iqbal.

Ia mengatakan, semoga prestasi tersebut menjadi spirit bagi dayah-dayah lain di Aceh untuk menghasilkan berbagai prestasi.
"Nantinya dayah-dayah di Aceh akan mampu bersaing di tingkat nasional dan bahkan internasional," katanya.

Sementara, Kabid Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Drs H Maiyusri mengungkapkan kebahagiaannya mendapatkan informasi prestasi dayah ini.

"Dengan kerja keras semua pihak di dayah dan dibawah arahan pimpinan, banyak hal baik dapat terwujud, kita merasa terharu dengan prestasi ini, yang hanya di peroleh satu-satunya pada lembaga pendidikan di Sumatera," kata Maiyusri.

Senada dengan hal ini, pimpinan Dayah Babussalam, Waled H. Sirajuddin Hanafi mengungkap rasa syukur terhadap apa yang diraih hasil karya santrinya.

"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur, moga anak-anak kami tetap tekun dan giat menuntut ilmu,dengan keyakinan dan sungguh-sungguh, banyak hal akan diperoleh di dunia dan akhirat," ungkap Waled Sirajuddin.[]

Penulis:Dedi
Rubrik:Pendidikan

Komentar

Loading...