Pembangunan Gedung Arsip di Bakoi Dinilai Langgar Aturan

Bangunan Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Gampong Bakoi, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar.

Banda Aceh, Acehportal.com - Bangunan Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Gampong Bakoi, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Pasalnya, bangunan tersebut dibangun di bantaran sungai Krueng Aceh. Hal ini dikatakan Direktur WALHI Aceh, Muhammad Nur, Senin (24/8/2020).

Sebelumnya, kata Nur, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2012 tentang pengolaan DAS. Dalam peraturan itu dijelaskan, DAS berfungsi untuk menampung, menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan ke danau atau ke laut.

"Dengan demikian, jika DAS Krueng Aceh dibuat bangunan permanen, maka dapat menimbulkan masalah bagi masyarakat, salah satunya banjir," ujarnya.

Menurutnya, pembangunan gedung arsip yang sudah dibangun oleh pemerintah harusnya ada dokumen Amdal sebagaimana diatura dalam Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan Pasal 3 (1) Setiap Usaha dan/atau Kegiatan yang berdampak penting terhadap lingkungan hidup wajib memiliki Amdal.

"Hingga bangunan gedung arsip itu sudah dibangun tidak ada dokumen amdal. Pembangunan gedung Arsip tersebut jelas bertentang dengan peraturan perundang-undangan, baik menyangkut dengan pengelolaan DAS maupun Perizinan," ungkapnya.

Kemudian, Pemerintah juga membuat plang peraturan terkait tanah negara, dilarang masuk atau memanfaatkan dengan ancaman pidana Pasal 167 (1) KUHP dihukum 8 bulan penjara, Pasal 389 KUHP dihukum 2 tahun 8 bulan penjara, Pasal 551 KUHP dihukum denda tertanda Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera.

"Artinya pemerintah tidak serius dalam mengeluarkan larangan dan larangan tersebut pemerintah sendiri yang melanggarnya, komitmen pemerintah terhadap aturan hukum yang berdampak langsung terhadap lingkungan hidup, apalagi bangunan gedung ARSI tersebut berada pada sungai," tambahnya.

Penulis:Redaksi/Rilis
Editor:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...