285 Napi di Aceh Barat Dapat Remisi, Dua Diataranya Langsung Bebas

Kalapas Meulaboh berikan remisi kepada 285 napi, dimana dua orang diantaranya langsung bebas, Senin (17/8/2020). (Ist)

Meulaboh, Acehportal.com - Dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020, warga binaan Pemasyarakatan (WBP) Klas II B Meulaboh, Aceh Barat mendapatkan remisi sebanyak 285 orang.

Kepala Lapas Klas II B Meulaboh, Sugianto kepada wartawan mengatakan, dari total jumlah tersebut, 281 mendapatkan remisi umum I (RU1) dan empat orang mendapat RU II serta dua orang diantaranya langsung bebas.

"Dari empat WBP yang mendapat RU II, dua diantaranya juga mendapat remisi asimilasi Covid-19 sebelumnya sehingga hari ini langsung bebas. Kemudian dua lagi masih ada subsider 3 bulan atau membayar denda Rp1,5 miliar," katanya, Senin (17/8/2020).

Ia menjelaskan, jumlah remisi yang didapatkan itu bervariasi, mulai dari terendah 1 bulan hingga paling banyak 6 bulan. Sebanyak 67 orang masih tahanan, 43 orang belum menjalani masa pembinaan selama enam bulan atau sejak ditahan, lalu 59 orang tidak memenuhi syarat subtantif dan administratif.

Sugianto menambahkan, di Lapas Klas II B Meulaboh dihuni oleh 454 orang yang terdiri dari 67 orang tahanan dan 387 orang WBP. Jenis kelamin wanita 15 orang dan pria sebanyak 372 orang.

"Jumlah penghuni LP Meulaboh hingga saat ini didominasi oleh kasus narkoba sampai 63 persen. Kemudian untuk 4 orang yang mendapat remisi RI II hari ini semuanya pria," ujarnya lagi.

Pemberian "Surat Keramat" remisi tersebut dilaksanakan dalam acara seremonial di Lapas Meulaboh secara virtual dengan mengikuti agenda secara nasional yang dilaksanakan Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia di Mataram, Nusa Tenggara Timur (NTB).

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...