Peringatan Hari Bhakti TNI AU ke 73

Lanud SIM Laksanakan Karya Bhakti di Dua Monumen Pesawat di Banda Aceh dan Aceh Besar serta TMP Peuniti

Lanud SIM Laksanakan Karya Bhakti di Dua Monumen Pesawat di Banda Aceh dan Aceh Besar serta TMP Peuniti

Banda Aceh, Acehportal.com - Rangkaian peringatan Hari Bhakti TNI Angkatan Udara Ke-73 Tahun 2020, Lanud Sultan Iskandar Muda kembali hadir di tengah-tengah masyarakat dalam kondisi New Normal pandemi Covid-19 yang masih melanda Negeri ini.

Personel Lanud SIM dan Kipan C Yonko 469 Paskhas Banda Aceh membantu menjaga keindahan dan keasrian peninggalan burung besi bersejarah serta menjaga kerapian, kebersihan Taman Makam Pahlawan (TMP) di Peunitie.

Sebelumnya juga, Lanud Sultan Iskandar Muda telah melaksanakan berbagai macam kegiatan Bhakti Sosial dalam rangka Peringatan Ke-73 Hari Bhakti TNI AU.

Sebagai Informasi, Bhakti Sosial yang telah dilaksanakan Lanud Sultan Iskandar Muda salah satu diantaranya. Bakti Sosial donor darah dan Bhakti Sosial pemberian Sembako kepada ratusan warga Blang Bintang, Aceh Besar.

Juga yang telah dilaksanakan sekarang ini adalah berupa Karya Bhakti peduli lingkungan di monumen pesawat Hawk 200 yang terletak di Desa Aneuk Galong, Aceh Besar, pembersihan seputar lingkungan monumen pesawat RI-001 Seulawah yang terletak di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh dan peduli lingkungan seputaran Taman Makam Pahlawan (TMP) yang bertempat di Gampong Ateuk Pahlawan, Kecamatan Baiturahman, Kota Banda Aceh, Selasa (28/7/2020).

Di sela-sela pelaksanaan korve, Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda (Danlanud SIM), Kolonel Pnb Mohamad Satriyo Utomo mengatakan, kegiatan Karya Bhakti ini sebagai bentuk kepedulian personel TNI AU Lanud Sultan Iskandar Muda dan Kipan C Yonko 469 Paskhas Banda Aceh dalam memelihara dan menciptakan suasana lingkungan yang bersih dan rapih.

“Kegiatan karya bhakti ini juga sekaligus untuk menunjukkan bahwa TNI AU dengan masyarakat selalu bersinergi, dan inilah semangat dari Hari Bhakti TNI Angkatan Udara yang di aplikasikan melalui kegiatan baktinya kepada masyarakat dimana Lanud SIM ada dan melaksanakan fungsinya ,” ujarnya.

“Kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan melihat even-even atau hari besar TNI AU, dengan sasaran yang berbeda-beda agar terus terjaga hubungan antara masyarakat dengan TNI AU khususnya Lanud Sultan Iskandar Muda,” pungkas Danlanud SIM.

Dalam pelaksanaan korve ini, diharapkan mampu memaksimalkan waktu secara efektif dan efisien agar kegiatan bersih-bersih ini mendapat hasil yang maksimal.

Kepada tiap-tiap perwira yang dituakan di regunya, diharapkan juga agar bertanggung jawab atas target kebersihan masing-masing, kelengkapan peralatan yang digunakan dan keamanan diri sendiri selama pelaksanaan korve.

*Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Peuniti

“Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi, jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak, kami mati muda yang tinggal tulang diliputi debu. Kenang-kenanglah kami” (Karya Chairil Anwar).

Merupakan salah satu kutipan puisi pada dinding Taman Makam Pahlawan Peuniti yang dibaca Danlanud SIM, Kolonel Pnb Mohamad Satriyo Utomo didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 20 D.I Lanud SIM, Reni Satriyo Utomo, Selasa (28/7/2020).

Makna kutipan puisi itu, kata Danlanud, sebagai ajaran bagi generasi muda untuk mengingat, mengenang dan meneladani jasa para pahlawan yang rela memberikan jiwa, raga, waktu dan tenaga untuk kemerdekaan Indonesia.

“Jiwa pahlawan adalah jiwa seorang ksatria, maka kita harus mampu meniru dan meneruskan cita-cita pahlawan yang telah menggapai kemerdekaan bagi kita, generasi muda,” ujarnya.

Sebagai bentuk pengabdian generasi muda kepada bangsa dan negara, lanjutnya, salah satunya melalui TNI AU dengan memberikan yang terbaik sesuai tugas tanggung jawab di kesatuan.

“Seperti membiasakan yang benar bukan membenarkan yang biasa serta selalu berpikir positif. Karena dengan begitu kita dapat memiliki jiwa dan mental yang kuat,” tegasnya.

Sebagai pimpinan ziarah, Danlanud SIM memimpin penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan peletakan karangan bunga sebagai bentuk penghargaan atas jasa-jasa pahlawan dan tabur bunga di tiap makam para pahlawan.

“Ini bentuk penghargaan dan penghormatan bagi pendahulu kita yang telah memberikan yang terbaik bagi NKRI,” terangnya saat menaburkan bunga di atas salah satu makam pahlawan.

Dalam kegiatan itu turut hadir Dankipan C Yonko 469 Paskhas, Kapten Pas Alis Sandi, Ibu-ibu PIA Ardhya Garini Cabang 20/D.I Lanud SIM, Anak-anak Pramuka Saka Dirgantara dan lainnya.

Penulis: Redaksi
Editor: Hafiz
Rubrik: Umum

Komentar

Loading...