Tunjang Proses Belajar Mengajar Secara Virtual, Bank Indonesia Provinsi Aceh Beri Bantuan Laptop

Bank Indonesia Provinsi Aceh memberikan bantuan sarana belajar mengajar secara daring berupa laptop beserta perlengkapan pendukungnya kepada SMKN Penerbangan Aceh dan SMPN 12 Banda Aceh di Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Selasa (28/7/2020). (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Bank Indonesia Provinsi Aceh memberikan bantuan sarana belajar mengajar secara daring berupa laptop beserta perlengkapan pendukungnya kepada SMKN Penerbangan Aceh dan SMPN 12 Banda Aceh di Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Selasa (28/7/2020).

Bantuan ini diberikan sebagai wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan di tengah pandemi Covid-19 yang diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Z Arifin Lubis kepada Kepala Sekolah SMKN Penerbangan Aceh, Baihaqi dan Kepala Sekola SMPN 12 Banda Aceh, Burhanuddin.

Penyerahan bantuan tersebut turut disaksikan oleh pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh dan perwakilan guru dari kedua sekolah.

Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh, Z Arifin Lubis menyampaikan, tujuan pemberian bantuan dimaksud untuk menunjang proses belajar mengajar secara virtual selama pandemi Covid-19.

Arifin berharap, pihak lainnya, baik institusi Pemerintah, swasta, maupun masyarakat umum dapat mengikuti langkah Bank Indonesia Provinsi Aceh untuk memberikan dukungan kepada instutusi pendidikan maupun siswa/mahasiswa yang mengalami kendala dalam proses proses belajar mengajar secara virtual.

"Dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing SDM Indonesia, Bank Indonesia selama ini aktif menunjukkan kepedulian terhadap dunia pendidikan," ujarnya.

Bank Indonesia melalui kantor perwakilannya di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Aceh memberikan beasiswa kepada mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, menyediakan pojok baca dan koleksi pustaka berkualitas di berbagai institusi pendidikan dan lokasi publik serta melakukan edukasi publik.

Khusus di Aceh, lanjut Arifin, Bank Indonesia memberikan beasiswa kepada mahasiswa dari hampir seluruh Perguruan Tinggi Negeri serta beberapa Perguruan Tinggi Swasta. Beasiswa yang dimaksud diberikan kepada mahasiswa yang kurang mampu dan berprestasi dengan nominal Rp 1 juta per mahasiswa per bulan selama setahun.

"Bank Indonesia Provinsi Aceh juga menyediakan fasilitas sarana pojok baca dan koleksi pustaka berkualitas di berbagai institusi pendidikan dari tingkat PAUD/TK hingga perguruan tinggi serta berbagai lokasi publik seperti rumah sakit, perpustakaan daerah dan masjid," katanya.

Penyediaan sarana pojok baca dan koleksi pustaka tersebut diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses sumber informasi yang berkualitas dan menumbuhkembangkan budaya gemar membaca.

Berbagai kegiatan edukasi publik dalam bentuk sosialisasi, seminar, pelatihan dan workshop juga telah dilakukan oleh Bank Indonesia Provinsi Aceh dan Bank Indonesia Lhokseumawe dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM Aceh.

"Edukasi publik yang dilakukan antara lain terkait perkembangan perekonomian terkini, upaya peningkatan kapasitas UMKM, serta tugas, fungsi dan kebijakan Bank Indonesia," tambah Arifin.

Arifin pun berharap melalui berbagai program kepedulian terhadap dunia pendidikan tersebut, dapat dihasilkan SDM unggul yang tangguh dan berkarakter, khususnya pelaku usaha yang memiliki daya juang dan daya saing tinggi dan mampu memberikan dampak positif kepada perekonomian Aceh.

Sementara, Kepala Sekolah SMKN Penerbangan Aceh dan Kepala SMPN 12 Banda Aceh kompak menyambut baik dan mengapresiasi kepedulian Bank Indonesia terhadap bidang pendidikan.

Keduanya berkomitmen menggunakan bantuan yang diberikan dengan sebaik-baiknya guna menunjang kelancaran proses belajar mengajar secara virtual.

Mereka juga berharap pihak lain dapat tergugah untuk membantu institusi pendidikan dan siswa/mahasiswa setelah munculnya inisiatif dari Bank Indonesia ini.

Penulis: Redaksi/Rilis
Editor: Hafiz
Rubrik: EkonomiUmum

Komentar

Loading...