Banjir Rendam Puluhan Rumah Warga Aceh Barat

Warga di Aceh Barat yang mengungsi karena banjir, Selasa (28/7/2020). (Dani/Acehportal.com)

Meulaboh, Acehportal.com - Akibat hujan deras yang terjadi sejak kemarin menyebabkan rumah-rumah warga di Gampong Pasie Mesjid, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat terendam banjir, Selasa (28/7/2020).

Warga mengaku, banjir yang terjadi di gampong tersebut ikut merendam lebih dari 100 rumah warga. Sementara itu, banyak warga memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman, dikarenakan tempat tinggal mereka masih terendam banjir setinggi 80 hingga 90 sentimeter.

"Banjir mulai merendam rumah-rumah warga sekitar pukul 09.00 WIB pagi, sementara kami disini ada yang bertahan di rumah dan sebagian sudah pada mengungsi ketempat aman yang tidak jauh dari lokasi desa kami," kata warga Gampong Pasie Mesjid, Ruli kepada Acehportal.com.

Saking derasnya hujan yang berlangsung sejak Senin kemarin membuat badan jalan menuju ke pemukiman gampong tersebut ikut tergenang air dengan ketinggian satu meter. Terlihat juga banyak anak-anak yang harus diungsikan.

"Kami sangat berharap dengan bantuan dari pemerintah terkait agar bisa membantu kami mengatasi kesulitan kami di saat banjir, tentunya bantuan yang saya maksud menaruh perahu karet, sebab jalan yang terancam itu lumayan dalam kalau ukuran saya mencapai pinggang," ucap Ruli.

Warga khawatir jika hujan berlangsung lama, maka tidak menutup kemungkinan sejumlah rumah di gampong tersebut akan terendam total. Ditambah lagi, air di badan jalan terus meningkat, maka semua alat perabotan atau jenis elektronik lainnya akan lenyap tenggelam air akibat akses jalan lumpuh total.

Pantauan media ini di lokasi, terlihat sebagian warga mengungsi menggunakan sebuah perahu tradisional. Semua kendaraan di pedalaman gampong tersebut satu per satu diangkut menggunakan perahu itu, bahkan anak-anak kecil juga ikut dievakuasi.

Sejak pagi tadi hingga kini, belum ada terlihat upaya penanganan tanggap darurat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat. Padahal, masyarakat yang terdampak banjir di gampong tersebut sangat mengharapkan bantuan pertolongan dari pihak pemerintah.

Hingga berita ini diturunkan hujan deras masih melanda pemukiman warga Gampong Pasie Mesjid, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat.

Penulis: Dani
Editor: Hafiz
Rubrik: DaerahPeristiwa

Komentar

Loading...