Pemeras Sopir Truk di Bireuen Ditangkap

Tersangka MZ diamankan polisi atas pemerasan yang dilakukan terhadap truk barang yang melintas di Jalan Medan-Banda Aceh kawasan Bireuen. (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Sebuah video singkat tentang pemerasan terhadap sopir truk barang yang dilakukan oleh seorang lelaki di Jalan Medan-Banda Aceh kawasan Bireuen mendadak viral di media sosial Instagram, Minggu (26/7/2020).

Dimana dalam video tersebut, si pelaku diketahui sengaja memberhentikan truk barang yang melintas di jalan nasional dan meminta sejumlah uang yang telah dipatok olehnya, jika hendak melanjutkan perjalanan.

Beredarnya video singkat ini membuat aparat penegak hukum melakukan tindak lanjut hingga akhirnya tim gabungan Sat Reskrim Polres Bireuen dan Jatanras Dit Reskrimum Polda Aceh menangkap pelaku di kediamannya.

Adalah MZ (46), warga Kecamatan Peusangan, Bireuen yang ditangkap polisi atas pemerasan yang dilakukan terhadap sopir truk tersebut yang terjadi pada 22 Juli lalu.

"Setelah video tersebut beredar dan viral, tim melakukan penyelidikan hingga akhirnya menangkap pelaku di rumahnya sore tadi sekitar pukul 17.30 WIB," ujar Dir Reskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito, Minggu malam.

Direktur menjelaskan, MZ diketahui melakukan pemerasan terhadap sebuah truk barang yang berisikan minuman kesehatan milik salah satu perusahaan ternama di Indonesia. Dimana, MZ sengaja mengejar truk itu dan memberhentikannya saat melintas.

"Pelaku memaksa meminta uang kepada sopir truk dengan penentuan biaya sebesar Rp 2 juta per unit mobil yang dikejar dan dicegat, alasannya itu uang keamanan bagi mobil yang melintas. Sopir (korban) hanya menyanggupi sebesar Rp 500 ribu dan setelah menerima uang truk diperbolehkan jalan kembali," ungkapnya.

Setelah melakukan penyelidikan lanjut dari informasi tersebut, tim langsung menuju ke rumahnya di kawasan Kecamatan Peusangan. MZ pun ditangkap tanpa perlawanan yang kemudian digelandang ke Mapolres Bireuen untuk diproses lanjut.

"Diamankan barang bukti motor jenis Genio beserta jam tangan dan baju yang dikenakan, aksi pelaku ini direkam kamera handphone warga (sopir) hingga tersebut di medsos," kata Kombes Pol Agus Sarjito.

Saat ini, MZ masih menjalani pemeriksaan lanjut di Mapolres Bireuen karena perlakuannya. Ia dijerat dengan Pasal 368 KUHPidana tentang Pemerasan.

Penulis: Redaksi/Hafiz
Editor: Hafiz
Rubrik: Headline

Komentar

Loading...