Dibangun Akhir Tahun 2019, Kandang Ayam di Gampong Meunasah Rayeuk Belum Difungsikan

Pembangunan kandang ayam menggunakan dana APBK Tahun 2019 belum difungsikan. Kandang ini terletak di Gampong Meunasah Rayeuk, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat, Kamis (23/7/2020). (Dani/Acehportal.com)

Meulaboh, Acehportal.com - Pembangunan kandang ayam potong yang terletak di Gampong Meunasah Rayeuk, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat yang menggunakan anggaran APBK 2019 senilai Rp 180 juta lebih dinilai sia-sia.

Pasalnya, setelah dibangun akhir tahun 2019 namun hingga saat ini kandang ayam tersebut belum bisa difungsikan.

"Sampai hari ini kandang ayam itu belum jelas siapa penerima manfaatnya, namun hari ini yang kita temukan dalam kegiatan pansus terlihat kandang ayam sudah lama terbengkalai dan kenapa belum difungsikan," kata Koodinator Pansus DPRK Aceh Barat, Ramli kepada Acehportal.com baru-baru ini.

Ia menjelaskan, jika penerima manfaat belum ada kenapa dianggarkan dana untuk pembangunan kandang ayam tersebut. "Nah yang terjadi hari ini kandang ayam terbengkalai, penerima manfaatnya juga tak jelas," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Aceh Barat, Danil Adrian pada saat ditemui di Meulaboh kepada Acehportal.com mengatakan, terkait pembangunan kandang tersebut, katanya, telah dihibahkan kepada kelompok tani dan dikelola oleh mereka.

Ia menjelaskan, sebelumnya pengadaan pembangunan kandang ayam potong itu berdasarkan permintaan mereka kelompok tani dengan alasan untuk melakukan sebuah projek melalui pengembangan ayam potong.

"Baru-baru ini pihak kita juga sudah melakukan upaya pembinaan melalui bidang peternakan serta mempertanyakan kelanjutan kandang ayam itu, karena ketua kelompok tani belum terpilih makanya kandang ayam yang sudah dibangun ini belum bisa difungsikan," ungkap Kadis.

Sementara itu, pihaknya juga mendesak kepada pihak terkait segera dilakukan pemilihan ketua kelompok tani itu agar segera diberdayakan kandang ayam tersebut. "Sehingga tidak terkesan terbengkalai, itu harapan dari kita," tutupnya.

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...