Dewan Aceh Barat Minta Jembatan Gantung di Kecamatan Panton Reu Direhab Kembali

Kondisi jembatan gantung di Gampong Sibintang, Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat rusak dan perlu perbaikan, Rabu (22/7/2020). (Dani/Acehportal.com)

Meulaboh, Acehportal.com - Wakil Ketua I DPRK Aceh Barat, Ramli mengkhawatirkan kondisi jembatan gantung penghubung antara Gampong Sibintang dengan Gampong Blang Tengoh, Kecamatan Panton Reu, Aceh Barat. Pasalnya, jembatan itu sudah mengalami kerusakan di beberapa bagian.

Kondisi jembatan tersebut diketahui saat Ramli melakukan pansus ke daerah Kecamatan Panton Reu. Melihat kondisi jembatan, katanya, sudah saatnya dilakukan renovasi. Sebab, lantai yang beralas kayu itu sudah mulai lapuk maka perlu dilakukan perbaikan.

"Kita harap kepada dinas terkait untuk diperhatikan kondisi jembatan gantung di Gampong Sibintang itu, sebab kondisi jembatan itu sudah banyak yang lapuk dan keropos bahkan tiang-tiangnya juga mulai lepas," kata Ramli.

Ia menjelaskan, minim perawatan dan usia tua semenjak jembatan itu dibangun pada tahun 2007. Sampai saat ini sama sekali tidak diperhatikan oleh dinas terkait, sehingga membuat kondisi alas jembatan yang menggunakan kayu itu mulai copot dan  berlubang.

Kondisi demikian, kata Ramli, akan membahayakan warga yang melintasi jembatan tersebut. Apalagi, warga yang bergantung hidup sebagai petani di gampong setempat merasa was-was ketika membawa hasil pertaniannya dan perkebunan melalui jembatan rusak.

Ia berharap, sebelum kondisi jembatan semakin rusak parah maka segera dilakukan perbaikan oleh dinas terkait dan jangan sampai menunggu ada warga yang korban.

Menurutnya setelah nantinya direhab kembali, maka perlu diganti alas jembatan dengan menggunakan pelat besi sehingga ketahanannya benar-benar kuat dan berfungsi lama.

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...