Polres Galus Musnahkan 12 Hektar Ladang Ganja di Blangkejeren

Kasat Resnarkoba Polres Galus, AKP Syamsuir saat pemusnahan ladang ganja kemarin. (Ist)

Blangkejeren, Acehportal.com - Personel gabungan Sat Resnarkoba, Sat Intelkam dan Sat Sabhara serta Si Propam Polres Gayo Lues memusnahkan 12 hektar ladang ganja yang berada di enam titik di kawasan pegunungan Pantan Dedep, Gampong Agusen, Kecamatan Blangkejeren, Galus, Senin (20/7/2020) kemarin.

"Di setiap titik luas ladangnya dua hektar sehingga total 12 hektar, pemusnahan ini juga dibantu oleh beberapa warga sekitar," ujar Kapolres Galus, AKBP Carlie Syahputra Bustamam melalui Kasat Resnarkoba, AKP Syamsuir yang memimpin langsung kegiatan tersebut.

Kasat menjelaskan, diketahui setiap satu hektar ladang ditanami dengan seribu batang ganja dengan total keseluruhan dari 12 hektar ladang ganja ditanami sekitar 12 ribu batang ganja. Pemusnahan ini pun dilakukan dengan mencabut seluruh batang ganja dan dibakar hingga habis.

"Selain dimusnahkan di lokasi, ada sebanyak 150 batang ganja yang dibawa ke Mapolres untuk dijadikan barang bukti. Bahkan saat perjalanan kita temukan enam karung ganja kering yang juga dimusnahkan," katanya.

*Polda Aceh Musnahkan 10 Hektar Ladang Ganja di Aceh Besar

Sementara itu, Polda Aceh juga memusnahkan ladang ganja yang berada di kawasan Lamteuba, Aceh Besar. Dimana, luas ladang yang dimusnahkan sekitar 10 hektar, Senin kemarin.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Ery Apriyono mengatakan, pemusnahan ladang ganja di Aceh Besar ini diikuti langsung oleh Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada beserta para pejabat utama lainnya.

"Pemusnahan juga melibatkan pihak Kodim, BPBD, Kejari, Brimob dan lainnya. Lahan yang dimusnahkan ada di delapam titik yang masing-masing jaraknya sekitar 500 meter," kata Kabid Humas.

Dalam 10 hektar ladang yang ditemukan ada sekitar 50 ribu batang ganja yang tumbuh serta sekitar 70 ribu batang ganja yang masih semai dengan ketinggian batang ganja mulai dari 50 hingga 260 sentimeter.

Penulis:Redaksi/Hafiz
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...