Kodim Aceh Utara Bedah Rumah Rumah Warga Langkahan

Lhokseumawe, acehportal.com - Komando Distrik Militer (Kodim) 0103 Aceh Utara kembali membedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik masyarakat tidak mampu.Kegiatan bedah rumah kali ini dalam rangka Program Serbuan Teritorial Kodim Aceh Utara untuk membantu Pemerintah Daerah mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Aceh Utara Khususnya Kecamatan Langkahan.

Komandan Kodim (Dandim) 0103 Aceh Utara, Letkol Inf Agung Sukoco, SH, Sabtu (18/07) disela sela peninjauan Kegiatan bedah rumah milik Yusuf (55), warga Desa Buket Linteung Kecamatan Langkahan, Kab Aceh Utara mengatakan bahwa bedah rumah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Angkatan Darat kepada Masyarakat dalam rangka membantu Pemerintah Daerah mengurangi angka kemiskinan dan juga pemberdayaan wilayah serta mengatasi kesulitan rakyat dalam meningkatkan taraf hidupnya dengan menyiapkan rumah yang layak huni bagi masyarakat.

“Rumah yang di bedah ini merupakan pilihan atau usulan dari Kepala Desa dan masyarakat setempat yang dinilai memang layak untuk menerima bantuan bedah rumah," kata Letkol Inf Agung Sukoco.

Lebih lanjut Dandim mengatakan, untuk mewujudkan rumah sehat dan nyaman seperti keinginan banyak orang bukanlah hal yang mudah. Pasalnya permasalahan ekonomi hingga pendapatan atau penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari yang jauh di bawah rata-rata, dapat menghambat tercapainya kesejahteraan.

Selain itu lingkungan yang kumuh atau sarana prasarana lingkungan yang minim dapat menyebabkan masalah sosial dan kesehatan. Oleh sebab itu, kata dia, kepedulian seluruh komponen masyarakat baik pemerintah pusat maupun daerah, pengusaha, LSM, masyarakat lainnya memiliki peran serta untuk menangani masalah tersebut.

“Mari kita bersama-sama bersinergi, mengentaskan kemiskinan dan saling bahu membahu membantu meningkatkan kesejahteraan saudara-saudara kita yang kurang mampu,” ujar Dandim.

Sementara Bapak Yusuf (55) didampingi istirinya, Aminah Puteh (52) mengucapkan terima kasih kepada Kodim Aceh Utara yang telah membangun rumahnya lebih baik dan layak untuk di tempati.

"Terima Kasih Kepada Bapak Dandim atas bantuan dan kepeduliannya. Seumur hidup kami tak akan melupakannya," ujar bapak Yusuf di dampingi istrinya.

Kepala Desa Buket Linteung Fitriadi (43) dalam kesempatan yang sama menjelaskan keadaan rumah bapak Yusuf sebelum di bedah sangat memprihatinkan dimana atap saja sudah tidak ada,sudah mau roboh, dindingnya sudah lapuk dan banyak yang sudah lepas karena dimakan usia.

"Harapan kami kegiatan seperti ini terus berlanjut karena masih banyak warga yang membutuhkan," harapnya.

Pada Program Serbuan Teritorial Kodim Aceh Utara membangun sebanyak 4 unit rumah tidak layak huni, dan rehab 4 unit meunasah. Selain itu juga melakukan pemberdayaan ekonomi rakyat yaitu di sektor perikanan dan sektor pertanian.

Program bedah rumah ini merupakan wujud kepedulian TNI sesuai dengan UU TNI Nomor 34 tahun 2014 khususnya OMSP, yaitu dengan membantu warga miskin atau kurang mampu. Dalam satu rumah anggaran yang disiapkan berkisar antara 30 s.d 40 juta rupiah dengan target pengerjaan 14 hari.

Komentar

Loading...