1,5 Hektar Ladang Ganja Dimusnahkan Tim Gabungan BNN di Aceh Besar

Tim gabungan BNN musnahkan 1,5 hektar ladang ganja di Aceh Besar, Rabu (15/7/2020) kemarin. (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Tim gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan 1,5 hektar ladang ganja yang berada di kawasan Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Rabu (15/7/2020) kemarin.

Pemusnahan ladang ganja ini melibatkan 112 personel yang terdiri dari BNN Pusat, BNNP Aceh, Mabes Polri, Polda Aceh, Kodim, Brimob, Polres Aceh Besar, Kejati Aceh serta Satpol PP Aceh.

Direktur Narkotika Deputi Bidang Pemberantasan BNN, Brigjen Pol Aldrin M Hutabarat mengungkapkan, ladang ganja yang dimusnahkan berada di ketinggian sekitar 220 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Dimana, ketinggian batang ganja dalam ladang tersebut bervariatif, mulai dari 100 sentimeter hingga 260 sentimeter.

"Jumlah tanaman dari lahan itu sekitar 60 ribu batang dengan berat basah tanaman mencapai 50,1 ton," ujarnya.

Pemusnahan ini berawal dari informasi masyarakat pada 11 Juli kemarin tentang adanya penanaman ganja di kawasan itu yang langsung ditindaklanjuti oleh petugas. Petugas pun akhirnya langsung menemukan lokasi ladang hingga dilakukan pemusnahan.

"Pemusnahan dilakukan dengan cara mencabut batang ganja dan dibakar hingga habis, tidak ada tersangka, namun pelaku dapat dijerat Pasal 111 Ayat (2) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup," tambahnya.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...