Polresta Banda Aceh Pantau Proses Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di Neuheun Aceh Besar

Prosesi pemakaman jenazah Covid-19 di Gampong Neuheun, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar yang dengan menerapkan protokol kesehatan dan SOP yang ada. (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Salah seorang warga Gampong Neuheun, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar yakni ID (54) meninggal dunia Selasa (14/7/2020) sekitar jam 05.30 WIB setelah sempat dirawat di Ruang Pinere RSUDZA Banda Aceh.

ID dinyatakan positif Covid-19 Senin (13/7/2020) kemarin oleh tim medis Balai Litbang Kesehatan Aceh dengan riwayat mengalami batuk pneumonia, sesak napas, dan pasien yang sebelumnya mengalami deman selama enam hari serta pasien mempunyai riwayat diabetes.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto melalui Kasat Intelkam, Kompol Hyrowo mengatakan, pemakaman terhadap jenazah pasien Covid-19 ini dilaksanakan setelah pihaknya melakukan mediasi dengan warga untuk tidak melakukan penolakan.

“Warga masyarakat Gampong Neuhen sudah memahami protokol prosesi pemulasaraan jenazah yang terpapar Covid-19, sehingga tidak adanya permasalahan ataupun penolakan dari pihak gampong maupun masyarakat setempat, dikarenakan warga telah mengerti dengan sosialisasi yang sering disampaikan oleh para personel Kepolsian,” sebut Kasat Intelkam.

Prosesi pemakaman terhadap jenazah pasien Covid-19 ini dilakukan di pemakaman keluarga oleh tim Gugus Tugas Kabupaten Aceh Besar dengan menggunakan APD lengkap yang dibantu oleh personel Sat Intelkam Polresta Banda Aceh, Polsek dan Koramil Krueng Raya serta warga setempat.

“Pihak Gampong Neuhen tidak menolak dengan adanya pemakaman jenazah yang terpapar Covid-19 dan menerima pelaksanaan pemakaman dengan prosesi protokol kesehatan sesuai dengan SOP yang sudah ada. Sementara itu, jenazah yang terpapar Covid-19 tersebut disalatkan oleh Tgk Agus selaku Imam Gampong Neuhen dan diikuti oleh masyarakat setempat,” tambahnya.

"Alhamdulillah prosesi pemakaman jenazah berjalan dengan baik dan hikmat dan semua fardhu kifayah pemakaman terlaksana dengan baik dan sesuai dengan protokol pemakaman jenazah Covid," ungkapnya.

Penulis: Redaksi
Editor: Hafiz
Rubrik: Umum

Komentar

Loading...