Data Sementara, 6 Rumah Warga Gampong Pasir Rusak Berat Terkena Hantaman Gelombang Pasang

Sebagian rumah warga Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat mengalami rusak parah, Sabtu (11/7/2020). (Dani/Acehportal.com)

Meulaboh, Acehportal.com - Masih data sementara, dari 121 Kartu Keluarga (KK) diantaranya ada 6 rumah warga mengalami rusak berat setelah terkena hantaman gelombang pasang purnama melanda pemukiman Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Sabtu (11/7/2020).

Kerusakan tersebut dinyatakan setelah hantaman pasang purnama yang dahsyat sejak subuh. Kerusakan ditimbulkan diantaranya kaca rumah yang pecah dan alat-alat rumah tangga serta sebagian pintu dapur jebol.

Hal ini dikatakan oleh Keuchik Gampong Pasir, Indra Gunawan kepada Acehportal.com, Sabtu (11/7/2020) malam.

"Data sementara yang dapatkan ada 121 unit rumah yang imbas dari hantaman gelombang pasang, namun, sebanyak 6 rumah yang kami nyatakan rusak berat, kalau dirincikan kerugian lebih kurang 6 juta lebih dan ini masih data sementara yang kita temukan," katanya.

Ia menjelaskan, sampai sejauh ini sejumlah ruas jalan di Gampong Pasir mengalami lumpuh total akibat genangan air yang mengalir dari permukaan laut ke darat sekitar 60 hingga 80 sentimeter di jalan.

"Adapun jalan tergenang air diantaranya Jalan Tgk Chik Di Tiro, Gampong Jawa, Lorong Permata, Lorong Intan," jelasnya.

Sedangkan air yang merendam ratusan rumah warga lainnya mulai surut sejak pukul 17.00 WIB sore tadi. Namun, sebagian rumah yang bermukim di bibir pantai masih dalam kondisi terendam air.

Selain itu, kata Indra Gunawan, bantuan tanggap darurat yang diterima dari Dinas Sosial Aceh Barat, diantaranya beras lima sak besar dan sepuluh paket sembako yang berisi dua liter minyak goreng, dua kilogram gula pasir, dua kotak roti, beberapa kotak mi instan dan air mineral.

"Mengingat takut gelombang pasang susulan kembali melanda Gampong Pasir, kami dan aparatur setempat juga bersama TNI-Polri terus memantau kondisi air laut disekitar, hal ini kita dilakukan guna percepatan penanganan darurat," ungkap dia.

"Kami juga mengimbau kepada warga Gampong Pasir dan sekitarnya agar tetap waspada terhadap kemungkinan pasang purnama susulan yang tidak kita harapkan namun kembali terjadi," pungkasnya.

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:DaerahPeristiwa

Komentar

Loading...