Tradisi Pembaretan Prajurit Infanteri di Tiro

Pidie, acehportal.com - Danrindam Iskandar Muda, Kolonel Inf Marzuki memimpin acara pembaretan prajurit infanteri di lapangan Dodiklatpur Rindam IM, Tiro, Jum’at (10/07/20). Dalam kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan,untuk mencegah Covid-19.

Sebanyak 156 prajurit Siswa Dikjurtaif Abituren Dikmata TNI AD Gelombang II TA 2019 (Ov) mengikuti acara tradisi pembaretan dan penyematan brevet infanteri di Dodiklatpur Rindam IM, Tiro. Selaku komandan acara Letkol Inf Mustofa Akbar M, SE. M.I. Pol., yang saat ini menjabat Dandodiklatpur Rindam IM. Acara berlangsung dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan guna menghindari penyebaran Covid 19.

Amanat Danpussenif Kodiklatad yang dibacakan oleh Danrindam IM mengatakan bahwa
kegiatan tradisi pembaretan dan penyematan brevet ini merupakan pengakuan sekaligus penghargaan serta wujud kehormatan bagi prajurit infanteri, yang bertujuan untuk memupuk jiwa korsa dan semangat kebersamaan diantara sesama warga korps infanteri serta bentuk upaya guna menumbuhkan kembali nilai-nilai kejuangan para prajurit dalam rangka mengimplementasikan segala kemampuan 3 yang dimiliki untuk menjadi prajurit infanteri yang handal dan selalu berhasil dalam setiap medan tugas.

Lanjut Danrindam, ditengah keterbatasan kondisi saat ini akibat pandemi covid-19 dan adanya penerapan sistem kerja dalam tatanan baru di lingkungan TNI AD, saya berharap hal tersebut tidak mengurangi makna, sasaran dan pencapaian tujuan serta nilai-nilai tradisi yang terkandung di dalamnya. Semboyan ”Yuddhawastu Pramukha” mengandung arti sebagai pelaksana pertempuran terdepan dan menjadi penentu kemenangan dalam pertempuran di darat. Oleh karena itu dengan telah disahkannya penggunaan baret dan brevet infanteri, menuntut para prajurit sekalian untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan fisik dengan didukung semangat juang, jiwa korsa serta kebanggaan yang tinggi terhadap kecabangan infanteri sebagai bekal pengabdian kepada bangsa dan negara tercinta, ungkapnya

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Aspers Kasdam IM diwakili oleh Pabandyadik Stafpers Kodam IM Letkol Arh Sugi Hantoro, S.T., M.I.P., para pejabat Distribusi ”A” Rindam IM dan para pelatih Dodiklatpur Rindam IM.

Komentar

Loading...