Nikah Siri Diam-diam, Kakek 73 Tahun di Nagan Raya Ini Ditangkap Polisi

TP (73), warga Gampong Blang Bayu, Kecamatan Senagan Timur, Nagan Raya saat diserahkan ke Kejari Nagan Raya. (Ist)

Sukamakmue, Acehportal.com - Seorang Pria uzur inisial TP berusia 73 tahun warga Gampong Blang Bayu, Kecamatan Senagan Timur, Nagan Raya diamankan personel Sat Reskrim Polres Nagan Raya karena diduga telah menikah siri secara diam-diam tanpa diketahui istrinya.

Kasus ini terungkap setelah istri tersangka melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Nagan Raya,"kata Kapolres Nagan Raya AKBP Risno SIK, Melalui Kasat Reskrim AKP Fadhilla Aditya Pratama Kepada Acehportal.com Sabtu (11/7/2020).

Sementara itu katanya, dari tangan tersangka pihak kepolisian berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu buku nikah suami warna merah bata nomor 05/05/I/2011, satu buah buku nikah istri warna hijau botol nomor 05/05/I/2011, serta satu lembar surat keterangan nikah yang ditandatangani oleh seseorang tokoh agama diatas materai 6 ribu.

Dari pengakuan tersangka TP pihak penyidik mengetahui bahwa tersangka menikahi seorang pujaan hatinya berinisial SM pada Minggu 29 September 2019 lalu, di Desa Kuta Aceh, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya.

"Benar, sebelum kasus ini dilaporkan, TP bersama pujaan hatinya SM sudah ada kesepakatan untuk berencana menikah, saat itu TP sempat menghubungi SM dengan menggunakan telepon selular milik sang cucu, dan kejadian terjadi pada Jumat 27 September 2019 lalu,"kata Kasat Reskrim.

Kasat menambahkan, setelah keduanya saling sepakat untuk menikah, akhirnya pernikahan itu berlangsung di sebuah rumah tokoh agama di Desa Blang Bayu, Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya.

"Kasus ini sudah kita rampungkan penyidikannya, sementara tersangka juga sudah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Nagan Raya,"tambahnya.

Atas perbuatan tersangka, polisi menjerat TP ancaman pidana pasal 279 ayat (1) ke 1e KUHPidana tentang pernikahan siri dengan ancaman pidana paling lama lima tahun penjara.

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:DaerahHukum

Komentar

Loading...