7 Kemampuan Diri yang Dibutuhkan Selama dan Setelah Pandemi

Ilustrasi obat, obat-obatan(Shutterstock)

Jakarta, Acehportal.com - Pandemi infeksi virus corona atau Covid-19 membuat banyak perusahaan terpaksa merumahkan karyawannya atau pemutusan hubungan kerja(PHK). Namun, sejumlah skill atau kemampuan tetap dibutuhkan selama pandemi.

Kemampuan diri ini dapat menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh manajer perusahaan atau perekrut untuk merekrut karyawan baru atau mempertahankan karyawan lama. Kemampuan ini juga dibutuhkan untuk memulai bisnis dan usaha sendiri.

Berikut 7 skill yang dibutuhkan selama dan setelah pandemi Covid-19.

1. Adaptif

Adaptif merupakan kemampuan beradaptasi atau dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada dengan cepat. Kemampuan ini menuntut setiap orang untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja secara baik, begitu pula dengan perubahan seperti bekerja dari rumah, bekerja secara daring, dan sebagainya.

Forbes menempatkan kemampuan beradaptasi ini sebagai kemampuan yang paling dibutuhkan dalam kondisi dunia yang juga cepat berubah.

2. Komunikatif

Mampu berkomunikasi dengan baik adalah keterampilan yang penting selama dan setelah pandemi Covid-19. Setiap orang harus mampu berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan, serta online dan offlinedengan efektif.

Berkomunikasi secara langsung mencakup juga kemampuan untuk mendengarkan dengan baik, menyampaikan ide dengan tepat, serta menyesuaikan bahasa dengan orang yang diajak berbicara. Komunikasi yang baik menunjukkan Anda bisa menyampaikan ide, mempertimbangkan pendapat, berdiskusi, serta mempersuasi atau meyakinkan orang lain dengan baik.

3. Terorganisir

Terorganisir berarti mampu mengerjakan setiap pekerjaan dengan baik tanpa ada yang terlewatkan. Bekerja secara terorganisir juga berarti bekerja dengan efektif tanpa membuang-buang waktu, mengambil keputusan dengan tepat, dan tahan banting dengan berbagai tekanan yang dihadapi di dunia kerja.

4. Intrapreneurship

Bukan lagi entrepreneurship yang dibutuhkan, melainkan intrapreneurship. Kemampuan ini mencakup mampu mengimplementasikan keterampilan bisnis dalam perusahaan, pengambilan keputusan yang tepat, pemecahan masalah yang baik, dan memberikan solusi pada setiap masalah.

Menurut label rekrutmen Michael Page,intrapreneurship merupakan keahlian yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

5. Kreatif

Sosok yang kerap berpikir kreatif sangat dibutuhkan dalam dunia kerja yang selalu berubah dan penuh dengan persaingan ini. Menjadi kreatif harus mampu memberikan ide atau usulan yang tak biasa sehingga bisa membantu perusahaan untuk terus berkembang.

6. Kerja tim

Tak ada perusahaan yang bisa sukses dengan bekerja seorang diri. Diperlukan kerja sama tim untuk bisa mencapai tujuan perusahaan. Selama pandemi ini, setiap orang mesti bisa bekerja sama dengan orang lain dalam berbagai keadaan seperti saat bekerja dari rumah.

Kerja tim juga berarti mampu membagi tugas secara efektif dan efisien dan menyelesaikannya dengan baik.

7. Kepemimpinan

Meski tak langsung menjadi bos, kemampuan leadership ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Kepemimpinan berarti mampu mengambil keputusan dengan baik serta memotivasi anggota kelompok untuk bekerja dengan baik.

Kepemimpinan juga mencakup perencanaan serta strategi yang matang dalam mencapai target perusahaan.

Kuasai kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan selama dan setelah pandemi Covid-19 untuk meningkatkan nilai diri Anda.

Komentar

Loading...