Sosok YouTuber Berpenghasilan Rp 72 M Berkat Konten Kehidupan Sederhana di Desa

Li Ziqi, YouTuber asal China Foto: YouTube/Liziqi

Acehportal.com - Berbeda dengan kebanyakan YouTuber yang terkenal karena sering menampilkan gaya hidup urban dan mewah, baru-baru ini seorang YouTuber perempuan menjadi sorotan lantaran menampilkan gaya hidup sederhana di pedesaan. Ia adalah Li Ziqi, YouTuber asal China yang memiliki lebih dari 11 juta pengikut di jejaring YouTube.

Melansir South China Morning Post, Li Ziqi memang sering menampilkan gaya hidup sederhana ala gadis desa; seperti memasak dengan tungku, memasak dari bahan-bahan yang ia ambil dari kebun, hingga membuat baju dan peralatan rumahnya sendiri. Karena videonya itu, Li Ziqi pun mendapatkan banyak pujian dari netizen, hingga mendapat dukungan dari pemerintah setempat.

Tak hanya konsep videonya yang unik, ternyata cara Li Ziqi mengemas videonya pun dibuat bergaya sinematik sehingga menonjolkan visual yang indah dari kehidupan desa. Karena itulah, tak sedikit penonton menjadikan video-video Ziqi sebagai hiburan setelah seharian merasa penat dan stres dengan kehidupan kota.

“Zaman sekarang banyak orang yang merasa stres. Jadi aku ingin setelah mereka menonton video-videoku, mereka jadi rileks dan mendapati sesuatu yang indah untuk menghilangkan kecemasan dan stres mereka,” kata Li Ziqi saat diwawancarai South China Morning Post.

Ternyata ada alasan lain yang membuat Ziqi kian populer, salah satunya karena ia kerap menampilkan kemampuan serba bisa; mulai dari mencukur bulu domba, menggergaji bambu atau kayu, bertani, menenun benang, hingga main gitar. Bahkan ia juga pernah menunjukan keahlian memasak makanan tradisional dari hewan yang diternaknya sendiri.

“Saya ingin orang-orang kota tahu dari mana makanan itu berasal. Seorang guru pernah bercerita bahwa beberapa siswanya berpikir beras itu berasal dari pohon. Jadi saya ingin anak-anak di kota tahu dari mana makanan yang mereka santap itu berasal,” tambahnya.

Dalam membuat video-video itu, Ziqi bercerita bahwa pada awalnya ia mempersiapkan semuanya sendiri; mulai dari membuat konsep cerita, mengambil gambar, hingga mengedit video. Namun kini ia mengaku telah memiliki seorang videografer dan asisten untuk membantu dalam membuat video-videonya.

“Saya selalu menjadi sutradara dalam video saya sendiri. Mulai dari apa yang harus difilmkan hingga teknik pengambilan gambar yang diambil. Seringkali, videografer tahu konsep itu saat hari H syuting,” ungkapnya.

Saat ini, Li Ziqi tinggal di salah satu pedesaan yang ada di Provinsi Sichuan, China Barat Daya, bersama kakek dan neneknya. Sebelum di desa, Ziqi mengaku pernah tinggal tinggal di kota pada usia 14 tahun dan pernah bekerja menjadi pelayan, tukang listrik, hingga DJ.

“Ketika aku bekerja di kota, itu terasa seperti bertahan hidup. Sekarang ketika aku bekerja di desa, aku merasa benar-benar menjalani hidup,” tutup Li Ziqi.

Meski lebih memilih hidup sederhana di desa bukan berarti Li Ziqi tak memiliki banyak uang. Berdasarkan situs Social Blade, diperkirakan ia memperoleh 314 ribu dolar AS (Rp 4,5 miliar) hingga 5 juta dolar AS (Rp 72 miliar) per tahun dari pendapatannya di YouTube.

Sumber:Kumparan.com
Rubrik:Sosok

Komentar

Loading...