Pensus Gubernur Aceh Kunjungi RPH Banda Aceh

Pensus Gubernur Aceh Kunjungi RPH Banda Aceh

Banda Aceh, Acehportal.com - Penasihat Khusus (Pensus) Gubernur Aceh, Karimuddin mengunjungi Rumah Potong Hewan (RPH) Banda Aceh yang terletak di Gampong Pande, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh.

Karimuddin turut didampingi oleh Tim Dinas Peternakan Aceh yang diwakili oleh Kasi Perlindungan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) drh. Zakaria beserta staf.

Rombongan diterima oleh Sekretaris Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Banda Aceh, drh. Mawardi Silvakarta beserta staf dan Kepala RPH Banda Aceh, Gunawan, S.Pt.

Menurut Zakaria kunjungan kerja ke RPH Banda Aceh ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Zoonosis Sedunia yang diperingati setiap 6 Juli.

Lebih lanjut Zakaria menjelaskan, zoonosis atau penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia masih menjadi ancaman serius di dunia.

“Zoonosis tidak hanya ditularkan melalui hewan hidup tetapi juga melalui pangan asal hewan seperti daging”, kata Zakaria.

RPH merupakan sarana utama tempat pemotongan hewan yang harus bisa menjamin daging yang dihasilkan memenuhi kriteria Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH), jelasnya.

Sementara Karimuddin berharap adanya perbaikan fasilitas RPH Banda Aceh demi menjaga keamanan produk hewan yang dihasilkan.

“Adanya fasilitas RPH yang memadai dapat menjamin tersedianya produk pangan hewani yang higienis serta memenuhi standar ASUH”, kata Karimuddin.

Mengingat besarnya peran RPH dalam penyediaan pangan hewan yang ASUH, ia berharap setiap saat dapat dilakukan pemotongan ternak sesuai standar yang telah ditetapkan guna mencegah penyebaran zoonosis serta mengedepankan prinsip kesejahteraan hewan. ()

Penulis:Rol/Redaksi
Rubrik:News

Komentar

Loading...