Memprihatinkan, Kondisi Sekolah MIN 8 Cot Lawang Miring dan Retak

Sekolah MIN 8 Di Jalan Cot Lawang, Gampong Drien Rampak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat Sangat Memprihatinkan, Senin (6/7/2020). (Dani/Acehportal.com)

Meulaboh, Acehportal.com - Kondisi bangunan sekolah Madrasah Ibtidaiah Negeri (MIN) 8 yang terletak di Jalan Cot Lawang, Gampong Drien Rampak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat sungguh memprihatikan.

Berdiri sejak 2019 lalu, bangunan yang akan digunakan untuk ruang kelas murid itu sepertinya belum layak dihuni. Sebab, kondisi bangunan kini mengalami miring dan retak di beberapa bagian dan hal tersebut akan  membahayakan bagi siswa-siswi di sekolah MIN 8 tersebut.

Dari kunjungan media ini ke sekolah tersebut, tampak lantai teras sudah retak dan bangunan itu juga terlihat miring karena timbunan pondasi mulai amblas. Bahkan, di beberapa bagian keramik mulai pecah.

Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Fuadri kepada Acehportal.com, Senin (6/7/2020) mengatakan, dirinya akan memanggil pihak pelaksanaan pembangunan tersebut karena jelas pembangunan ini tidak layak untuk difungsikan. Sebab, kondisi bangunan itu mengalami retak di beberapa bagian lantai serta kondisi bangunan terlihat miring.

"Setelah kita hasil di lapangan, benar dan sesuai seperti yang dilaporkan oleh Wakil Ketua I DPRK Aceh Barat, Ramli kepada kami, yang dikatakannya kondisi bangunan sekolah MIN 8 mengalami retak dibeberapa bagian dan juga bangunannya dalam kondisi miring," katanya.

Ia menjelaskan, karena bangunan tersebut tidak layak difungsikan, maka pihaknya nanti akan melakukan kroscek dulu. Jika ada temuan yang merugikan negara atau tidak, maka akan disampaikan kepada Pemerintah Aceh ini adalah sebuah kegiatan yang merugikan negara.

"Karena anggaran yang dipakai untuk pembangunan, namun bangunannya sampai saat ini belum bisa difungsikan dikarenakan tidak maksimal, kalau kita lihat segi bangunannya di bagian struktur bawahnya kurang kokoh, sehingga beban berat di atas tidak sanggup untuk menahannya," ungkapnya.

Akibat tersebut, kondisi bangunan terlihat miring dan retak dibeberapa bagian lantai. Hal ini menunjukkan pihak pelaksanaan pembangunan sekolah itu tidak bekerja semaksimal mungkin.

Menurutnya, jika bangunan tersebut dipaksakan pakai, maka nantinya akan berakibat fatal pada siswa-siswi yang nantinya menepati bangunan tersebut.

"Tentu kita sarankan agar bangunan ini jangan dulu difungsikan, sebab dikhawatirkan akan membahayakan siswa-siswi nantinya pada saat kegiatan belajar mengajar," tambahnya.

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...