Kebakaran Hanguskan 8 Bangunan di Aceh Barat

Kebakaran melanda sejumlah bangunan rumah, di jalan Blang Meuria, Gampong Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat Senin (6/7/2020). (Dani/Acehportal.com)

Meulaboh, Acehportal.com - Kebakaran menghanguskan delapan unit bangunan ruko penjual sembako serta bengkel dan perabotan di Jalan Blang Meuriah, Gampong Ujong Kalak, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Senin (6/7/2020).

Api begitu cepat membakar semua bangunan berkonstruksi papan dan kayu, sejumlah pemilik kedai ruko tersebut pingsan karena tak kuat melihat kejadian tersebut hingga dibawa evakuasi oleh tim Palang Merah Indonesia (PMI).

Kapolres Aceh Barat, AKBP Andrianto Argamuda melalui Kapolsek Johan Pahlawan, AKP Iswandi kepada Acehportal.com mengatakan, hasil penyelidikan sementara sumber api diduga kuat berasal dari konsleting arus listrik.

"Dugaan sementara penyebab kebakaran arus pendek listrik. Ada delapan unit bangunan kedai yang terbakar dengan taksiran kerugian mencapai ratusan juta," katanya.

Lebih dari empat unit armada pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi dengan tenaga tim berjibaku dengan api sejak pukul 10.30 WIB hingga pukul 12.30 WIB, api masih membakar pada sisa-sisa kontruksi bangunan yang telah rata dengan lantai coran semen.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Barat, Muhktarudin menyampaikan, semua kekuatan diperkuat untuk melakukan upaya pemadaman. Diketahui belum ada korban jiwa dalam musibah ini, hanya beberapa pemilik ruko yang jatuh pingsan.

"Korban jiwa belum ada. Kita dengan semua kekuatan dikerahkan melakukan pemadaman ini sejak pukul 10 WIB tadi yang ludes terbakar 7 unit dan satu unit hanya bagian samping bangunan dan dapur," jelasnya.

Sementara itu, Erwin Mahdi (56) salah satu pemilik ruko bertingkat menyampaikan, tidak mengetahui pasti sumber api. Namun yang jelas ia juga sempat mendengar beberapa kali ledakan kecil.

"Saya tahunya sudah terbakar, ruko saya kena di bagian samping dan dapur tetapi perabotan sudah dikeluarkan. Kalau saya perkirakan mungkin ada 10 unit kedai yang terbakar ini," imbuhnya.

Tim gabungan TNI-Polri ikut membantu tim BPBD memadamkan api sehingga memutuskan penyebaran api sehingga tidak merambat ke bangunan bertingkat bengkel kendaraan sepeda motor di sepanjang jalan Blang Meuria yang lebih dikenal Blang Puloe.

Penulis: Dani
Editor: Hafiz
Rubrik: Headline

Komentar

Loading...