Cegah Kemacetan dan Kecelakaan, Satpol PP Tertibkan Puluhan Lapak PKL di Meulaboh

Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP Aceh Barat, TR Alaidinsyah. (Dani/Acehportal.com)

Meulaboh, Acehportal.com - Puluhan pedagang kaki lima (PKL) di kawasan jalan Gajah Mada, Sisingamangaraja dan lintasan jalan nasional Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat ditertibkan oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Aceh Barat.

"Penertiban terhadap pedagang kaki lima tersebut dilakukan guna menghindari kecelakaan lalu lintas. Sebab, keberadaan PKL itu membuat jalur lintasan kendaraan bermotor di setempat jadi menyempit," kata Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Satpol PP Aceh Barat, TR Alaidinsyah kepada Acehportal.com, Selasa (30/6/2020).

Dirinya mengaku, guna mencegah terjadinya kecelakaan Satpol PP Aceh Barat akan terus menertibkan para PKL yang menggunakan badan jalan untuk lapak dagangannya.

"Pedagang kaki lima yang kita tertibkan hari ini memang menepatkan lokasi usahanya itu di tempat tidak dibenarkan seperti trotoar, juga menyangkut dengan pelanggaran ketertiban lainnya," ungkap Alaidinsyah.

Sementara itu, para PKL yang ditertibkan kebanyakan terdapat para pedagang buah-buahan dan pedagang es dawet, mereka ditertibkan karena lapak dialokasikan untuk dagangannya memakai bahu jalan. Jika dulunya lebar jalan 15 meter kini menjadi separuhnya.

"Kami ingin mengembalikan jalan itu seperti semula, karena kalau tidak ditertibkan para PKL tersebut nantinya akan membahayakan bagi pengguna jalan. Apalagi seperti Jalan  Gajah Mada merupakan jalur padat kendaraan dan tepatnya di persimpangan," ujelasnya.

Ia menambahkan, jauh sebelum penertiban dilakukan petugas, instansinya sudah meminta kepada pedagang kaki lima yang berada di wilayah Meulaboh untuk membongkar lapaknya sendiri. Namun, sampai pada batas waktu penertiban mereka tidak membongkarnya.

"Sebahagian PKL yang menggangu ketertiban sudah kita tertibkan, namun bagi PKL di Jalan Sisingamangaraja kita upayakan untuk mereka berdagang pada pukul 16.15 WIB sore, karena kalau mereka berjualan dari pagi dan siang, nantinya akan menggangu lalu lintas sebab jalur tersebut padat kendaraan," sebutnya.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh pedagang untuk tidak menepati dagangannya di bahu jalan. Sebab hal tersebut dinilai akan sangat menggangu ketertiban lalu lintas dan diharapkan para pedagang agar mematuhi peraturan yang sudah dibenarkan.

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...