Danrem 012/TU Ziarah ke Makam Teuku Umar

Aceh Barat, acehportal.com - Komandan Korem 012/TU Kolonel Inf Djon Afriandi, S.Ip. MS. DA, melakukan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar, di Desa Mugo, Kecamatan Panton Ree, Kabupaten Aceh Barat, Selasa (23/06/2020).

Pahlawan Nasional asal Meulaboh ini merupakan pejuang yang cukup lama dalam mempertahankan negara ini dan sangat berperan besar dalam sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. Semangat perjuangan Teuku Umar dimulai pada tahun 1873 hingga 1899, dalam memperjuangkan negara ini sangat luar biasa karena dengan strategi perangnya mampu bertahan di medan tempur sampai 26 tahun lamanya.

Kapenrem 012/TU Mayor Inf Tengku M. Khair, S.E, mengatakan ziarah ini merupakan suatu tradisi dimana sebagai Komandan Korem pada awalnya memulai penugasannya dan setiap pergantian Komandan Korem 012/TU berkunjung ziarah ke Makam Teuku Umar. Tujuan dari ziarah ini adalah untuk mempertahankan tradisi dan menghormati jasa-jasa perjuangan waktu dulu.

Diharapkan tradisi ini dapat dilanjutkan oleh penerus Komandan Korem yang lain, dan kita dapat mengambil hikmahnya sebagai inspirasi meneladani semangat pahlawan dalam bingkai kebersamaan serta menjadi pemenang adalah bonus dari sebuah perjuangan.

Apa yang sudah diperjuangkan oleh Teuku Umar agar menjadi contoh bagi kita untuk  mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Nilai- nilai perjuangan Teuku Umar itulah yang harus kita jaga dan kita kawal, sehingga dengan semangat para pejuang terdahulu yang rela mengorbankan jiwa, raga dan harta benda demi bangsa. Hendaknya dapat kita contoh sebagai generasi penerus dalam mengisi pembangunan bangsa Indonesia ke depan,” sebutnya.

"Nama Teuku Umar juga diabadikan sebagai nama Korem 012/TU yang berkedudukan di Aceh Barat, nama jalan di sejumlah daerah di Tanah Air, nama kapal perang TNI AL Indonesia KRI Teuku Umar, Universitas Teuku Umar yang kini menjadi salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia berada di Aceh Barat," demikian jelas Kapenrem 012/TU

Ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar dihadiri Dandim sejajaran Korem 012/TU, para Kasirem 012/TU, para Dan/Ka Satdisjan di wilayah Korem 012/TU, Kapenrem 012/TU, para perwira dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 012 PD Iskandar Muda beserta Pengurus dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang sejajaran Koorcab Rem 012/TU.

Komentar

Loading...