Masih Berpredikat Zona Hijau, Aceh Tengah Akan Usir Pulang Pendatang yang Enggan Dilakukan Rapid Tes

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Aceh Tengah, dr Yunasri (tengah) saat memberi keterangan pada konfrensi pers, Sabtu (20/6/2020). (Robby/Acehportal.com)

Takengon, Acehportal.com - Terkait masih melekatnya status zona hijau bebas dari Covid-19, dalam rangka masa transisi menyambut tatanan new normal, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melakukan trobosan baru untuk mengantipasi perkembangan virus tersebut di Aceh Tengah.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Tengah, dr Yunasri, Sabtu (20/6/2020) di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Aceh Tengah.

Menurutnya, ada beberapa langkah yang akan diambil oleh pemerintah daerah penghasil kopi arabika terbaik di dunia ini dalam menghadapi tatanan new normal sebagaimana yang telah diputuskan oleh pemerintah pusat saat ini.

Diantaranya adalah akan memperketat pemeriksaan dan pengawasan terhadap para pendatang yang berasal dari luar Aceh Tengah dan juga luar Aceh.

Hal ini, kata Yunasri, mengacu kepada Surat Edaran Bupati yang diterbitkan dalam rangka menghadapi new normal ini.

Adapun langkah yang diambil dalam rangka upaya pengawasan tersebut adalah mewajibkan bagi pendatang luar Takengon agar menunjukkan surat bebas Covid-19 atau surat sehat dari tempatnya berasal. Jika tidak mampu menunjukkan surat tersebut, maka terhadap yang bersangkutan akan dilakukan rapid test atau swab.

Jika yang bersangkutan menolak atau tidak bersedia dilakukan test swab kepada dirinya, lanjut dia, maka dengan tegas petugas Gugus Covid-19 Aceh Tengah akan memulangkan pendatang tersebut ke daerah asalnya.

"Berdasarkan Surat Edaran Bupati, dalam rangka menghadapi tatanan hidup new normal nanti kita akan memperketat pemeriksaan dan pengawasan terhadap pendatang yang berasal dari luar Aceh Tengah dan juga luar Aceh," ujar Yunasri dalam konfrensi persnya.

Terkait para pendatang yang mengantongi KTP Aceh Tengah atau dengan kata lain bagi masyarakat Aceh Tengah yang baru pulang dari daerah lain, kepada mereka cukup dimintai surat keterangan bebas influenza saja.

Jika dia tidak mampu menunjukkan surat bebas influenza tersebut, maka dalam hal ini pihak pemda Aceh Tengah melalui Gugus Tugas sudah menyediakan lokasi dan alat test kepadanya.

Penulis:CR Robby
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...