Sungai Keureuto Meluap, 16 Gampong di Aceh Utara Terendam Banjir

Polres Aceh Utara menyerahkan bantuan untuk korban banjir. (Ist)

Lhoksukon, Acehportal.com - Sebanyak 16 Gampong di Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara terendam banjir akibat meluapnya aliran sungai Krueng Keureuto setelah daerah tersebut diguyur hujan deras, Rabu (17/6/2020).

Adapun 16 Gampong di Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara yang terendam banjir yaitu Gampong Punti, Alue Entok, Pante Pirak, Tumpok Barat, Meuria, Hagu, Alue Tho, Ceubrek Pirak, Lawang, Meunye Pirak, Siren, Tjg Haji Muda, Pirak, Leubok Pirak, Blangkuta dan Beuracan Pirak.

Kapolres Aceh Utara, AKBP Tri Hadiyanto melalui Kapolsek Matangkuli, Iptu Asriadi mengatakan, ketinggian air yang merendam belasan gampong yang berada di daerah aliran sungai tersebut rata-rata mencapai setinggi 1 hingga 1,5 meter.

Dirinya menyebutkan, warga sudah mulai mengevakuasi barang-barang termasuk kenderaan ke tempat yang lebih tinggi.

“Untuk kondisi warga saat sekarang ini masih bertahan di rumah masing-masing, ada beberapa ruas jalan yg menghubungkan antar gampong sudah tidak bisa dilewati dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Hingga saat sekarang ini warga belum ada yang mengungsi atau mendirikan dapur umum,” jelasnya.

Pihaknya pun telah menyalurkan bantuan berupa beras sebagai tali asih Polres Aceh Utara kepada warga tiga gampong yang paling parah terkena dampak banjir.

Jumlah beras yang telah disalurkan berjumlah 90 karung untuk tiga gampong yaitu Gampong Tjg Haji Muda 30 karung, Lawang 30 karung dan Siren 30 karung.

Ia mengatakan, penyaluran beras dipimpin langsung oleh Kapolsek Matangkuli bersama team X Polres Aceh Utara dengan menggunakan perahu sampan tradisional. “Untuk saat ini debit air terus bertambah,” ungkapnya.

Penulis:CR Mulyadi
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...