Bahas Kesiapan Anggaran Pilkada, KIP Aceh Barat Temui Bupati dan DPRK

Bahas Kesiapan Anggaran Pilkada, KIP Aceh Barat Temui Bupati dan DPRK

Meulaboh, Acehportal.com - Dalam rangka membahas kesiapan anggaran pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat mengadakan pertemuan dengan Bupati Aceh Barat H Ramli MS. Rabu, 17 Juni 2020.

Dalam pertemuan yang dilakukan di Ruang Kerja Bupati Aceh Barat tersebut Ramli MS mengapresiasi kinerja KIP Aceh Barat dalam upaya membangun komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat.

Ia berharap pola komunikasi yang dibangun dapat merangkul seluruh unsur terkait untuk mensukseskan Pilkada mendatang.
Ramli MS juga menyatakan kesiapan pemerintah daerah untuk mendukung pelaksanaan Pilkada mendatang.

Ia berpendapat Pilkada merupakan pesta rakyat yang sudah sepatutnya didukung agar terlaksana dengan jujur, bersih dan adil.

Ia menambahkan tentu Pilkada merupakan harapan bagi seluruh masyarakat Aceh Barat untuk melahirkan pemimpin yang jujur dan merakyat.

“Terkait anggaran yang harus disiapkan untuk pelaksanaan Pilkada, Pemerintah akan mengakomodir sesuai dengan kebutuhan yang telah direncanakan,” tegasnya.

Lebih lanjut Ramli MS meminta KIP Aceh Barat segera menyiapkan usulan rencana kebutuhan anggaran Pilkada agar dapat segera dibahas dengan tim anggaran kabupaten dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat .

Ia berharap kerjasama dan komunikasi yang baik tetap terjaga untuk mensukseskan Pilkada mendatang.
Ketua KIP Aceh Barat T Novian Nukman, SP menyambut baik permintaan tersebut.

Ia mengatakan akan segera menyampaikan draf rencana anggaran kepada Bupati Aceh Barat. Ia menjelaskan bahwa draf perencanaan anggaran Pilkada sudah disusun.

Hal ini sesuai dengan arahan KIP Aceh dalam rapat Koordinasi kesiapan anggaran Pilkada Tahun 2022 dengan KIP Kabupaten/Kota Se Aceh yang dilaksankan pada 11 Juni lalu.

“Sebagai bentuk kesiapan KIP Aceh Barat jika Pilkada dilaksanakan 2022,” tegasnya.

Pertemuan tersebut dihadiri turut dihadiri oleh para Komisioner KIP Aceh Barat yakni Divisi Hukum dan Pengawasan Saktian S.E, Divisi Teknis dan Penyelenggara Sabki Mustafa Habli, S.Sos, Divisi Perencanaan Data dan Informasi Basri, S.Pd.I, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM Saiful Asra, M.Soc.Sc. serta Pelaksana Tugas Sekretaris KIP Aceh Barat Andi Sayumitra, S.Sos.

Setelah pertemuan tersebut, selanjutnya pada hari yang sama KIP Aceh Barat telah mengagendakan melakukan koordinasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Aceh Barat.

Lakukan Koordinasi, DPRK minta KIP segera serahkan Draf anggaran. Sejalan dengan itu, koordinasi yang dilakukan KIP Aceh Barat terkait kesiapan pelaksanaan Pilkada, mendapat sambutan baik dari Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat.

Bertempat di Ruang Kerja Komisi I DPRK Aceh Barat, Rapat Koordinasi tersebut dihadiri Ketua DPRK Aceh Barat Samsi Barmi, Wakil Ketua DPRK Ramli SE, Ketua Komisi I Muhammad ,MT , Sekretaris Komisi I Hermanto dan Anggota Komisi I Hamdan .

Turut hadir Kepala Sekretariat DPRK Mulyadi, SH.
Dalam pertemuan tersebut Wakil Ketua DPRK Aceh Barat Ramli SE menyatakan tidak keberatan dengan usulan yang diajukan KIP Aceh Barat mengenai anggaran Pilkada mendatang.

Ia berpendapat pelaksanaan Pilkada merupakan kewajiban yang harus dijalankan untuk melahirkan pemimpin yang dapat membawa pembangunan daerah menjadi lebih baik.

“KIP harus segera menyerahkan draf anggaran yang telah disusun agar bisa dipelajari,” harapnya.

Selanjutnya Ramli, SE mengatakan pihak DPRK Aceh Barat akan segera menyurati KIP Aceh Barat  tentang pemberitahuan Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati Aceh Barat sesuai dengan UUPA Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintah Aceh Pasal 66 dan Qanun Nomor 12 Tahun 2016.

“Pemberitahuan AMJ dapat dijadikan acuan KIP Aceh Barat dalam mengusulkan anggaran pelaksanaan juga tahapan-tahapan lain yang berkaitan dengan Pilkada,” tandasnya.

Penulis:Broto/rilis
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...