Dinas Syariat Islam Memberikan Dakwah Online Selama Pandemi Covid-19

Banda Aceh, Acehportal.com - Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Syariat Islam memberikan Dakwah Online selama pandemi Covid-19. Risalah yang dibawa Nabi dan Rasul Allah hingga kini terus menggema ke seantero negeri. Para ulama, dai, dan orang-orang saleh senantiasa menyebarkan syiar kebenaran ini karena Islam merupakan rahmat bagi semesta alam.

Dakwah sebagai seruan untuk mengerjakan kebaikan serta mencegah kemungkaran merupakan bentuk upaya yang memiliki arti penting dalam Islam. Tak terkecuali di masa pandemi virus Corona (Covid-19) yang tengah melanda seluruh pelosok dunia seperti sekarang ini. Dakwah ibarat jantung yang harus tetap dipacu agar dapat mengalirkan makanan spiritual bagi jiwa-jiwa yang gersang.

Kepala DSI Kota Banda Aceh, Tgk Alizar Usman S.Ag M.Hum, Senin (15/06/2020) mengatakan, kegiatan ini sudah dimulai sejak 10 April 2020 lalu, sebelum bulan Ramadhan. Kajian yang menghadirkan empat sampai lima Dai per sesi ini direkam di Aula Kantor DSI Banda Aceh.

Inovasi ini dihadirkan Dinas Syariat Islam (DSI) Kota Banda Aceh sejak beberapa waktu terakhir. Di saat pemerintah menginstruksikan masyarakat untuk menghindari keramaian dengan tetap di rumah (Stay at Home), DSI justeru membuat terobosan dengan meluncurkan ‘Dakwah Online’ sebagai solusi syiar Islam di masa pandemi.

"Memanfaatkan media sosial (medsos) sebagai alat penyebarannya, Dakwah Online mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat muslim yang haus siraman rohani. Artinya, tanpa bertatap muka secara langsung pun, substansi dakwah dapat tersampaikan secara baik" ungkapnya.

“Program ini lahir untuk menjawab kebutuhan rohani kaum muslimin di masa pandemi ini. Pemberlakuan physical distancing tidak menjadi penghalang bagi setiap insan untuk terus mendalami Islam,” ucap Alizar.

Dengan channel YouTube DSI Kota Banda Aceh TV, katany Alizar, pengajian ini bisa ditonton oleh kaum muslimin di manapun dan kapanpun.

Kata Alizar, Dakwah Online ini membahas tema yang berbeda di setiap sesinya seperti syariah, fiqih dan muamalah dengan melibatkan sejumlah Dai perkotaan Banda Aceh. Hingga gelaran keempat, program ini mendapat sambutan hangat dari para netizen terutama asal Banda Aceh.

DSI Banda Aceh berharap program tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat di tengah masa pandemi ini. Sebab, meski di rumah saja, kaum muslimin tetap bisa menambah ilmu dan wawasan keislaman lewat ‘pengajian virtual’ yang digagas dinas ini.

“Insya Allah kita bisa terus belajar dan mengingat Allah dimana pun dan dalam kondisi apapun. Termasuk dengan menyaksikan Dakwah Online ini. Amin ya rabbal ‘alamin,” tutup Tgk Alizar Usman.

Komentar

Loading...