Basarnas Evakuasi Medis Seorang ABK Asal Filipina di Selat Benggala

Proses evakuasi seorang ABK asal Filipina di Selat Benggala, Jumat (12/6/2020). (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Tim Basarnas melakukan evakuasi medis terhadap seorang anak buah kapal (ABK) kapal kargo berbendera Panama bernama MV Loch Long di kawasan Selat Benggala, Aceh Besar, Jumat (12/6/2020).

Proses evakuasi dilakukan tim Basarnas dengan mengerahkan KN Kresna. Tim berangkat dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh sekitar pukul 14.00 WIB dan tiba di lokasi (kapal MV Loch Long) sekitar 45 menit kemudian.

"Setelah merapat ke kapal kargo tersebut yang bersangkutan langsung dievakuasi dan dibawa kembali ke Banda Aceh untuk dirawat di RSUDZA Banda Aceh," ujar Kakansar Banda Aceh, Budiono.

Dalam proses evakuasi medis ini, juga terlibat pihak Dit Polairud Polda Aceh, KKP, Imigrasi, Bea Cukai, PT Pelni dan lainnya. Untuk diketahui, jarak yang ditempuh tim ke lokasi adalah sekitar 7.64 Nm dan radial 339.06 derajat.

"Korban bernama Marlo Delgado Bolivar (49), warga Filipina yang merupakan ABK Kapal Kargo MV Loch Long asal Panama yang berangkat dari Brasil menuju Singapura," ungkap Kakansar.

Diketahui, Marlo mengalami konstipasi, merasa lemah dan lelah serta merasa tidak nyaman di bagian perutnya yang sering kembung. Selain itu, diketahui wajah Marlo pucat (tidak mengalami sakit kuning) yang diduga karena anemia.

"Dia mengklaim telah kehilangan nafsu makan (rasa hambar), penurunan berat badannya sangat terlihat, saat ini dia demam dan nyeri di bagian perut kiri atas. Saat ini yang bersangkutan dirawat di RSUDZA Banda Aceh," ungkap Budiono.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...