Di Aceh Barat, Ada Posko Pengaduan Tagihan Listrik

Ketua YARA Aceh Barat, Hamdani membuka Posko Pengaduan Tagihan Listrik, Kamis (11/6/2020). (Dani/Acehportal.com)

Meulaboh, Acehportal.com - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh ( YARA) resmi membuka posko pengaduan keluhan pelanggan terhadap kenaikan tagihan listrik di Aceh Barat. Posko pengaduan ini dibuka langsung secara resmi oleh Ketua YARA Aceh Barat, Hamdani, Kamis (11/6/2020).

"Posko ini kita buka untuk menerima keluhan pelanggan terhadap adanya selisih tagihan listrik dari sebelumnya. Karena banyak isu kita dengar terhadap keluhan ini, makanya kita akan melihat nanti sebenarnya apa saja yang menjadi keluhan pelanggan terhadap pihak PLN," kata Hamdani kepada Acehportal.com.

Ia mengatakan, dirinya akan berkoordinasi dengan pihak terkait nantinya, semoga apa yang menjadi persoalan selama ini bisa ada solusi. Sebab, terkait keluhan listrik ini sudah sering dikeluhkan pelanggan bukan kali ini saja.

Pelanggan, lanjut dia, berhak memperoleh informasi yang tepat mengenai tagihan listrik masing-masing. Tidak ada alasan untuk tidak merespon keluhan pelanggan dan PLN harus proaktif.

"Misalnya seperti daerah yang jauh dari perkotaan di daerah kita ini yang merasa kesulitan melaporkan keluhan baik scara online maupun lainnya, pihak PLN harus benar-benar serius merespon dan bertindak ketika ada keluhan seperti ini, mereka bayar untuk mendapatkan listrik," tambahnya.

Selain itu, kata Hamdani, pihak PLN juga harus memberikan penjelasan secara detail. Jangan alasan kenaikan tersebut karena faktor bulan puasa kemarin dan akibat pandemi Covid-19 orang sering di rumah, maka wajar tanggihan naik. Itu, tegasnya, bukan jawaban PLN.

"Coba cari solusi terhadap keluhan ini, silahkan pihak PLN turun langsung ke lokasi melakukan pengecekan terlebih dahulu mungkin ada sambungan listrik yang eror atau meterannya yang konslet, sehingga membuat tagihan tersebut di luar dugaan," ungkapnya.

Informasi yang ia ketahui, setahun terakhir tidak ada kenaikan listrik. Tetapi mengapa bisa tagihannya bisa naik malah ada yg hampir dua kali lipat dari biasanya.

"PLN harus memberikan penjelasan yang jelas terkait persoalan ini kepada publik, kejanggalan ini harus segera dapat dijelaskan secara sederhana kepada pelanggan agar lebih muda dipahami," tegasnya.

Dirinya juga akan mempelajari kembali cara perhitungan tarif listrik tersebut,apakah mungkin ada dugaan ketidak cermatan pihak PLN dalam penentuan tarif listrik. "Mohon disesuaikan sebagaimana mestinya," pungkasnya.

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...