Pemkab Terkesan Abaikan, Pasang Purnama Kembali Rendam Rumah Warga Gampong Pasir

Banjir air pasang purnama merendam rumah warga di Gampong pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Sabtu (6/6/2020). (Dani/Acehportal.com)

Meulaboh, Acehportal.com - Gelombang pasang purnama kembali melanda kawasan Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat. Gelombang pasang itu mulai menggenangi sejumlah rumah warga yang bermukim di bibir pantai setempat.

Keuchik Gampong Pasir, Indra Gunawan kepada Acehportal.com, Sabtu (6/6/2020) siang mengatakan, pasang purnama itu kembali terjadi pada pukul 05.00 WIB tadi sehingga warga yang bermukim di sekitar lokasi pantai imengalami kekhawatiran.

Sebab, air laut mulai merendam rumah rumah mereka dengan ketinggian air yang mencapai 80 sentimeter.

"Saat ini ada sekitar enam rumah yang terendam air laut akibat gelombang pasang yang terjadi pagi tadi, sementara perabotan rumah tangga seperti televisi, kulkas atau jenis lainnya dapat diselamatkan ke tempat saudara mereka yang jauh dari lokasi kejadian," ujarnya.

Ia menjelaskan, sejak pasang purnama ini terjadi satu bulan terakhir hingga kini tidak ada penanganan serius dari pemerintah kabupaten setempat guna menghindari kerusakan bibir pantai dan sejumlah rumah warga yang bermukim di lokasi pinggir pantai setempat.

"Sebelumnya pemerintah mengatakan akan membangun tanggul pemecah ombak itu sekitar lima lebaran dan tenyata sampai sekarang ini belum ada tindakan sama sekali dari pihak yang terkait seperti yang dikatakan kepada kami pada bulan lalu," ungkapnya.

Akibat kurangnya penanganan serius dari pemerintah setempat, kini sejumlah rumah warga yang bermukim di sekitar lokasi bibir pantai itu mulai terendam air laut dengan ketinggian air mencapai 80 sentimeter dan sebagian rumah warga juga mulai dikikis perlahan akibat gelombang pasang itu.

"Kalau berbicara pasang purnama memang setiap tahun mengalaminya, tapi kita butuh penanganan serius sebenarnya, hal tersebut untuk menghindari kerusakan rumah warga yang bermukim di bibir pantai setempat yang saban hari semakin terkikis akibat gelombang pasang itu," jelasnya.

Keuchik Gampong Pasir, Indra Gunawan berharap kepada pemerintah untuk segera melakukan penanganan serius terhadap bencana tersebut.

"Sebab, jika bencana ini terus dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan sejumlah rumah warga yang bermukim di bibir pantai akan hanyut lepas ke laut," tambahnya.

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...