Ini Daerah di Aceh yang Masih Berstatus Zona Merah Covid-19

Surat edaran Plt Gubernur Aceh bernomor 440/7810 tentang Penerapan Masyarakat Produktif dan Aman dari Covid-19 di kriteria zona merah dan zona hijau di Aceh.

Banda Aceh, Acehportal.com - Pemerintah Aceh telah menetapkan Kabupaten dan Kota yang masuk zona merah dan hijau dari virus corona (Covid-19) di Provinsi itu.

Hal itu bedasarkan surat edaran Plt Gubernur Aceh bernomor 440/7810 tentang penerapan masyarakat produktif dan aman dari Covid-19 di kriteria zona merah dan zona hijau di Aceh.

Surat yang ditandatangani oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah itu juga mengacu pada keputusan Mendagri nomor 440-930 tahun 2020 tentang pedoman tatanan normal baru masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Dalam surat itu, ada 9 daerah di Aceh yang masih berstatus zona merah. "Kabupaten dan Kota yang masuk zona merah, agar melaksanakan penerapan tetap di rumah, kecuali untuk kebutuhan pokok dan obat-obatan, mengawasi dan membubarkan keramaian dan orang berkumpul dengan memberdayakan Satpol PP dan WH Kabupaten/Kota serta TNI/Polri".

Selanjutnya, penerapan protokol kesehatan secara ketat terutama tidak berkumpul, menjaga jarak, pakai masker, cuci tangan dengan sabun. Meningkatkan sistem pengawasan diperbatasan baik antar propinsi maupun kabupaten/kota terhadap arus barang dan orang.

Ketentuan tentang Testing yang masif bagi masyarakat, Tracing yang agresif dan Isolasi yang ketat serta Treatment yang dapat menyembuhkan pasien COVID-19. Peningkatan kapasitas layanan kesehatan.Kemudian memantau setiap orang yang berpotensi untuk menyebarkan Covid-19.

“Apabila dalam waktu 14 hari jumlah penderita positif, jumlah ODP/PDP dan jumlah kematian akibat Covid-19 meningkat atau menurun, maka kriteria “zona” dapat berubah,” tulis surat tersebut yang dikutip, Kamis (4/6).

Adapun daerah yang masuk Zona Merah di antaranya:

1.Banda Aceh
2. Pidie
3. Simeulue
4. Aceh Barat Daya
5. Aceh Tamiang
6. Lhokseumawe
7. Bener Meriah
8. Gayo Lues
9. Aceh Utara.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:Pemerintah Aceh

Komentar

Loading...