Satu Rumah dan Kilang Padi di Tanah Luas Aceh Utara Terbakar

Rumah dan gudang bekas kilang padi ludes terbakar, Kamis (4/6/2020) pagi. (Mulyadi/Acehportal.com)

Lhoksukon, Acehportal.com - Satu unit rumah dan gudang bekas kilang padi milik Nurhafifah (55) di Gampong Tgk Di Bale, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara ludes terbakar, Kamis (4/6/2020).

Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 04.30 WIB yang didiha duga akibat konsleting arus listrik dari bangunan bekas gudang kilang padi yang berada di samping rumah.

Kapolres Aceh Utara, AKBP Tri Hadiyanto melalui Kapolsek Tanah Luas, Ipda Yose Rizaldi mengatakan, menurut ketarangan saksi yakni Muslim, saat itu ia bangun serta melihat api yang sudah membesar dari arah bangunan bekas gudang kilang padi.

Muslim pun langsung membangunkan pemilik rumah serta meminta bantuan kepada tetangga lainya untuk memadamkan api.

“Saksi mata Muslim pada saat kejadian pertama api sudah membesar dari arah bangunan belakang dan saat itu api sudah menjalar ke rumah dan menghanguskannya, setelah beberapa menit tiba 2 unit mobil damkar ke lokasi sehingga api tidak menjalar ke tempat dan rumah lainya,” ungkapnya.

Kapolsek juga mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya diperkirakan kerugian materil mencapai lebih kurang Rp 500 juta.

“Akibat dari kebakaran itu, rumah yang ditempati 11 jiwa tersebut terdiri dari 3 KK kehilangan tempat tinggalnya,” jelasnya.

Sementara itu, Wakapolsek Tanah Luas, Aiptu Zulkifli salurkan bantuan masa panik untuk korban kebakaran. Bantuan yang diberikan berupa kebutuhan bahan pokok yaitu sembako. Bantuan diterima langsung oleh Nurhafifah yang merupakan korban kebakaran.

“Kita turut prihatin atas musibah yang terjadi menimpa saudara kita, ibu Hj Nurhafifah di Gampong Tgk Dibale dan Alhamdulillah untuk sementara kami membantu alakadar sembako sebagai upaya sementara yang bisa digunakan untuk kebutuhan bahan pokok sehari-hari nya bagi korban musibah kebakaran ini,” ucapnya.

Upaya bantuan lain dari pihak pemerintah khususnya dinas terkait, pihak perangkat Gampong Tgk Di Bale sudah mengirim surat pemberitahuan ke Kantor Camat setempat untuk ditindaklanjuti.

“Untuk sementara upaya yang kami bantu yaitu telah mengirim surat ke pihak Kecamatan dan langsung membangun satu unit rumah permanen layak huni sementara untuk tempat tinggal keluarga korban musibah kebakaran bisa ditempati, sedangkan bantuan masa panik pemerintah daerah kita masih menunggu karena suratnya sudah saya kirimkan ke Kantor Camat Tanah Luas,” ungkap Geuchik Tgk Di Bale, Amrizal.

Komentar

Loading...