Ini Penjelasan Polda Aceh Terkait Penanganan Kasus Bupati Aceh Tengah dan Wakilnya

Kantor Bupati Aceh Tengah. (Google)

Banda Aceh, Acehportal.com - Kasus dugaan pengancaman yang diduga dilakukan Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus terhadap Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar kini ditangani Polda Aceh.

Hal ini dikatakan Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada melalui Kabid Humas, Kombes Pol Ery Apriyono saat dikonfirmasi Kamis (4/6/2020) sore melalui pesan singkat Whatsapp.

"Betul, ditangani Polda (Aceh), untuk Aceh Tengah kasusnya dilimpahkan ke Polda Aceh," ujar Kabid Humas.

Baca: Dikabarkan, Kasus Bupati Aceh Tengah dan Wakilnya Ditangani Polda Aceh

Ia menjelaskan, penanganan terhadap kasus itu dilakukan secara khusus karena berkaitan dengan pejabat daerah. Dimana, polisi menangani kasus ini dengan mengikuti aturan Undang-Undang Republik Indonesia tentang Pemerintah Aceh.

"Karena pejabat publik atau kepala daerah, penyidik sebelumnya meminta izin pemeriksaan terhadap yang bersangkutan kepada Presiden sesuai UU RI Pemerintah Aceh, ada waktu 60 untuk melakukan pemeriksaan terhadap Terlapor, sedangkan saksi-saki akan kita lakukan panggilan untuk diperiksa. Saat ini dalam tahap pendalaman kasus," ungkapnya.

Hal yang sama juga dibenarkan oleh Dir Reskrimum, Kombes Pol Agus Sarjito yang dikonfirmasi terpisah. Dikatakan, kasus tersebut masih dalam penanganan pihaknya dan masih dalam pendalaman.

"Kita yang tangani sedang kita dalami, kita sudah terima kasus pelimpahan dari Aceh Tengah, kita lakukan proses verbal," katanya.

Seperti diketahui, ada beberapa kasus hukum yang menyandung beberapa kepala daerah di Aceh, seperti kasus dugaan penganiayaan terhadap warga yang diduga dilakukan Bupati Aceh Barat dan kasus dugaan penganiayaan terhadap perawat yang diduga dilakukan Wakil Bupati Aceh Timur.

Untuk kasus Bupati Aceh Barat, lanjut Kabid Humas, saat ini pihaknya masih menunggu surat izin dari Bareskrim yang dikirimkan ke Mendagri.

"Jika sudah turun baru dilakukan pemeriksaan," tambah Kombes Pol Ery Apriyono.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...