Peduli Kebersihan, Dandim 0105/Aceh Barat Bangun Jamban Sehat untuk Warga

Meulaboh, acehportal.com - Dalam rangka mendukung program pemerintah di bidang kesehatan, utamanya bagi warga kurang mampu, Kodim 0105/Aceh Barat melaksanakan program jambanisasi. Program ini dikerjakan oleh koramil jajaran dengan menyasar warga binaan yang membutuhkan.

Kali ini melalui Posramil 05/Pante Ceureumen membantu pembangunan satu unit jamban warga atas nama Tamin (55) yang berasal dari desa Pulo Tengah, Kecamatan Pante Ceuremen, Kabupaten Aceh Barat.

Dandim 0105/Aceh Barat Letkol Kav Nurul Diyanto S.Pd, dalam keterangan persnya di Meulaboh, Rabu (3/6/2020) mengatakan pembuatan jamban bagi warga kurang mampu merupakan kegiatan yang berkesinambungan serta usulan dari bawah (bottom up).

"Program bantuan jamban tersebut diberikan sebagai bentuk kepedulian Kodim 0105/Aceh Barat terhadap warga kurang mampu," katanya.

Ia mengatakan Kodim 0105/Aceh Barat mendapatkan informasi dari Relawan Aceh Barat jika ada warga yang membutuhkan jamban, setelah diverifikasi oleh Anggota dengan berbagai pertimbangan layak mendapatkan bantuan jamban tersebut.

Orang nomor satu di Kodim 0105/Aceh Barat ini menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk membina agar masyarakat sadar pentingnya kesehatan. Dan pemeliharaan tempat tinggal agar senantiasa bersih sehingga nyaman untuk ditinggali.

“Dalam pelaksanaan program ini selain kegiatan fisik berupa pembuatan jamban di rumah warga, juga sebagai sarana untuk berkomunikasi lebih dekat dengan masyarakat sehingga bisa mendengar dan menerima aspirasi dari warga serta dapat mengetahui apa yang menjadi kendala dan kesulitan selama ini,” tukasnya.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk wujud kepedulian TNI dalam melaksanakan tugas di lapangan untuk membantu masyarakat. "Kami bersinergi dengan dengan relawan dalam membantu warga yang tidak mampu," pungkasnya.

Sementara itu dihubungi terpisah, Relawan Sosial Aceh Barat, Aduwina Pakeh, M.Sc mengucapkan terimakasih banyak kepada KODIM 0105/Aceh Barat beserta jajarannya yang telah bersedia bekerjasama dalam membantu warga kurang mampu.

"Alhamdulillah, dalam minggu kemarin pihak Kodim 0105/Aceh Barat melalui Koramil 08/Arongan telah ikut membantu membangun rumah warga kurang mampu atas nama Ibu Syarifah (42) di Arongan Lambalek dan kali ini pihak Kodim Aceh Barat melalui Posramil 05/Pante Ceureumen kembali membantu pembangunan jamban untuk warga kurang mampu atas nama Tamin (55) warga Pulo Tengoh" katanya.

Semoga bantuan ini, nantinya bermanfaat baik untuk Ibu Syarifah maupun Bapak Tamin berserta anak-anak mereka. "Dengan Gerakan peduli sesama, mari kita bersatu dan bergotong royong dengan menyisihkan sedikit rezeki untuk membantu saudara-saudara kita yang masih hidup pra sejahtera,” Harap Aduwina Pakeh yang juga Dosen Universitas Teuku Umar ini.

Komentar

Loading...