Kuatkan Swasembada Pangan, Kapolres Aceh Barat Tanam Padi Perdana Bersama ISMI

Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda, (tengah) Ketua ISMI Amiruddin (kiri) Dan Kadis Pertanian Safrizal (kanan) saat melakukan penanaman padi perdana di Gampong Parlimbungan, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat, Selasa (2/6/2020). (Ist)

Meulaboh, Acehportal.com - Kapolres Aceh Barat, AKBP Andrianto Argamuda melakukan upaya dalam menguatkan swasembada pangan penanaman perdana dengan tanaman padi varietas ciherang dalam rangka mensejahterakan petani supaya menghasilkan padi yang bermutu dan maksimal di masa pandemi Covid-19.

Penanaman padi perdana upaya swasembada pangan ini dilakukan bersama Binaan Ketua Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Aceh Barat, Amiruddin dengan luas lahan 2,5 hektar di Gampong Parlimbungan, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat.

"Ini kita lakukan membantu masyarakat untuk mendukung ketahanan pangan nasional di Aceh Barat, ke depan akan diperluas untuk membantu masyarakat lainnya dalam meningkatkan ketahanan pangan di kabupaten, provinsi hingga nasional," kata Kapolres Rabu (3/6/2020).

Dikatakannya, saat ini masyarakat mengalami kesulitan dalam pemenuhan bahan pangan di tengah pandemi Covid-19, karena itu jajarannya mengandeng juga ISMI bersama-sama melakukan pemetaan untuk pengembangan komoditi yang cocok di Aceh Barat.

AKBP Andrianto Argamuda menyatakan, selain tanaman padi, Aceh Barat juga cocok untuk beberapa komoditi lain bersama ISMI akan melakukan pengembangan bawang, peternakan unggas, tambak udang dan palawija sesuai dengan letak suatu daerah.

"Ada beberapa komoditi yang akan kita kembangkan. Rencana kami bersama Kapolres Aceh Barat akan membentuk setiap desa binaan pengembangan untuk ketahanan pangan guna membantu masyarakat di tengah pandemi Corona," tambah Amiruddin.

Pada lahan sawah tadah hujan sebagai lokasi awal area binaan Kepolisian bersama ISMI Aceh Barat itu, disediakan semua kebutuhan alat sistem pertanian (alsintan), mesin pompa air, saluran air, pupuk, benih hingga kebutuhan mendasar lainnya.

Pada kesempatan penanaman perdana padi tersebut turut hadir Wakapolres Aceh Barat serta Perwira di jajaran Polres Aceh Barat, unsur muspika, pengusaha, aparatur desa serta masyarakat petani binaan di wilayah setempat.

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...