Berasal dari Zona Merah Corona, 20 Warga Sumut Diusir dari Aceh Barat

Tim Gugus Covid-19 Aceh Barat saat mengecek suhu tubuh puluhan pekerja asal Sumatera Utara. (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Meski kawasan perbatasan antara Aceh dan Sumatera Utara dijaga ketat selama ini, masih ada warga yang berasal dari zona merah provinsi tetangga yang lolos masuk ke Aceh.

Hal ini diketahui bahwa ada 20 orang warga asal Sumatera Utara yang masuk ke Aceh Barat, tepatnya di kawasan Gampong Lapang, Kecamatan Johan Pahlawan.

Warga setempat yang mengetahui hal itu pun langsung bergegas mengusir para pendatang itu. Pasalnya, warga takut para pendatang tersebut dapat menularkan virus Corona (Covid-19).

Diketahui, 20 orang pekerja asal Sumatera Utara yang datang Jumat pagi kemarin akhirnya dievakuasi warga Gampong Lapang dari kamp penginapannya.

Warga setempat merasa keberatan, karena puluhan pekerja ini tidak mengkarantina diri selama 14 hari seperti yang seharusnya dilakukan dan berkeliaran di sekitar kawasan gampong.

Bahkan, para pekerja asal provinsi tetangga ini juga tak melaporkan kehadirannya kepada perangkat gampong setempat dan Satgas Covid. Oleh karenanya, para pekerja dipaksa untuk keluar dari Gampong Lapang.

"Mereka masuk ke desa tidak melapor sehingga membuat warga marah, apalagi berasal dari zona merah. Warga lalu melapor ke tim Gugus Covid-19 Aceh Barat yang lalu datang ke lokasi para pekerja," jelas Keuchik Gampong Lapang, Mas Adi, Sabtu (30/5/2020) malam.

Dari 20 orang pekerja tersebut, diketahui hanya seorang pekerja yang mengantongi surat kesehatan yang terbebas dari Corona. Dokumen itu pun diperoleh dari perbatasan daerah di provinsi Sumatera Utara, bukan dari pemeriksaan rumah sakit.

Tim Gugus Covid yang tiba di lokasi langsung melakukan pemeriksaan kesehatan seperti pengecekan suhu badan terhadap para pekerja. Tim selanjutnya mengevakuasi puluhan pekerja ini untuk meninggalkan gampong setempat.

"Penanggung jawab pekerjaan yang membawa para pekerja itu setuju untuk dievakuasi ke tempat lain. Setelah bernegosiasi panjang akhirnya mereka dipulangkan kembali ke daerah asal yakni Sumatera Utara," ungkap Tim Gugus Covid-19 Aceh Barat, Irsadi.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...