New Normal, Wisatawan yang Datang ke Pangandaran Harus Bawa Surat Sehat

New Normal, Wisatawan yang Datang ke Pangandaran Harus Bawa Surat Sehat. (Detik.com)

Pangandaran, Acehportal.com - Arus mudik ke Pangandaran sudah mulai reda. Pemkab akan menghentikan program isolasi khusus bagi pemudik. Kebijakan yang mengharuskan pemudik menjalani karantina 14 hari di lokasi yang sudah disediakan itu, akan dihentikan mulai Selasa (2/6/2020).

"Sampai hari selasa depan kita sudah tidak ada lagi isolasi khusus," ujar Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Sabtu (30/5/2020).

Kebijakan itu akan diganti oleh aturan yang mewajibkan siapa saja yang hendak masuk wilayah Pangandaran harus menunjukkan surat keterangan sehat. Bagi yang tidak membawa surat keterangan sehat akan disuruh pulang lagi. Objek wisata Pengandaran akan dibuka mulai Jumat (5/6/2020)

"Kalau kemarin misalnya orang Jakarta datang ke Pangandaran sudah sampai ke Pangandaran tidak mungkin dipulangkan, kemudian diisolasi. Sekarang mereka wajib membawa surat keterangan sehat, yang tidak membawa siapa pun akan disuruh pulang kembali, akan kita tolak", tegas Jeje.

Pemeriksaan surat kesehatan yang masuk ke Pangandaran dilaksanakan di dua tempat, di perbatasan dan di pintu masuk wisata pantai. "Kalau yang mau berwisata pemeriksaan di dua tempat yaitu diperbatasan dan di tol gate, sedangkan yang umum di perbatasan saja," katanya.

Jeje juga mengutarakan menyampaikan alasaan isolasi khusus dihentikan. "Pertimbangan isolasi khusus dicabut karena ada syarat lain yaitu keterangan sehat, kalau kemarin kan ada kondisi sangat krusial yaitu hari Lebaran kebiasaan orang mudik, kita menekan dengan cara isolasi khusus, sekarang ini kondisi sudah normal orang tidak akan berbondong-bondong pulang, oleh karena itu kita berlakukan surat keterangan sehat," ungkapnya.

Untuk keterangan sehat, minimal harus dilampiri dengan hasil rapid test. "Untuk surat keterangan sehat harus dilampiri hasil rapid test, kalau tidak bisa membawa surat itu saya tolak," tegasnya.

Komentar

Loading...