BPBD Ingatkan Abrasi Laut di Aceh Barat Semakin Berbahaya

Pemuda Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat mengisi pasir ke dalam karung untuk menahan abrasi yang saat ini telah mengikis rumah warga, Kamis (21/5/2020). (Dani/Acehportal.com)

Meulaboh, Acehportal.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat mengingatkan kepada pelaku usaha kuliner yang beroperasi di sepanjang bibir pantai di daerah ini, agar lebih berhati-hati karena abrasi laut di daerah ini semakin berbahaya.

“Kami ingatkan kepada pelaku usaha agar lebih mementingkan keselamatan, karena saat ini terjangan abrasi pantai akibat gelombang pasang sudah sangat membahayakan dan mengancam keselamatan manusia,” kata Kepala BPBD Aceh Barat, DR Mukhtaruddin di Meulaboh, Sabtu.

Menurutnya, dampak dari abrasi pantai yang terus menerus terjadi sejak satu bulan terakhir telah menyebabkan sejumlah tempat usaha milik masyarakat di Meulaboh, Aceh Barat, ikut rusak akibat terjangan abrasi.

Tidak hanya itu, dampak yang ditimbulkan dari fenomena alam tersebut menyebabkan pemukiman masyarakat ikut tergerus.

“Karena musibah ini (abrasi) adalah masalah yang sangat besar, diperlukan kesadaran kita bersama untuk saling peduli,” imbau Mukhtaruddin.

Selain itu, BPBD Aceh Barat juga melarang kepada setiap wisatawan dan masyarakat agar tidak mandi di laut karena kondisi laut di Aceh Barat, menurutnya saat ini sangat ekstrim.

“Jika melihat tingginya gelombang laut di Aceh Barat, bahaya kebencanaan sangat besar terjadi. Diharapkan masyarakat tidak berenang di laut,” katanya menuturkan.

Sumber:Antara
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...