Penerapan New Normal di Aceh, Pemerintah Diminta Bantu UMKM

Agenda Penetapan 2(dua) Rancangan Qanun Usul Inisiatif Anggota DPRA Menjadi Rancangan Qanun Inisiatif DPRA

Banda Aceh, Acehportal.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dari Fraksi Partai Aceh Sulaiman, SE menyarankan kepada eksekutif yang ingin menyusun panduan protokol kesehatan dalam rangka menyambut New Normal di Aceh agar memasukan sejumlah kebutuhan kesehatan masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh bagi masyarakat.

"Pemerintah perlu menyiapkan kebutuhan vitamin bagi masyarakat, disamping bantuan pangan lainnya yang sudah disiapkan oleh pemerintah,"katanya Kamis 28 Mei 2020.

Kemudian, lanjut Sulaiman, penerapan new normal di Aceh memang perlu diterapkan guna meningkatnya secara pelan pelan perekonomian masyarakat yang selama ini terpuruk akibat pandemi.

"Pemerintah perlu mendengar keinginan masyarakat yang bisa diatur dalam panduan new normal, terutama masalah kesehatan," sambungnya.

Pemerintah juga perlu memastikan kesemua daerah yang ada di Aceh tersedianya masker dan sanitizer yang merupakan syarat utama penerapan new normal, sebutnya.

Epidemiologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman juga mengatakan new normal life adalah bagian dari strategi yang diterapkan sebelum vaksin atau obat untuk virus corona ditemukan.

"Pembatasan jumlah kerumunan, batasan jarak, keharusan memakai masker di mana pun, dan bisa dilakukan skrining suhu di setiap kantor atau mal atau sekolah," kata dia.

Kemudian, perlu ada nya perhatian yang maksimal terhadap lembaga pendidikan, baik formal maupun non formal, pusat perbelanjaan, rumah ibadah agar aktifitas berjalan dengan baik namun tidak terabaikan protokol kesehatan.

"Kepada pihak keamanan yang terlibat dalam penerapan new normal juga wajib berkelakuan humanis," sebutnya.

*Berikan Dukungan Kepada pelaku UMKM*

Disamping itu, politisi Partai Aceh juga meminta agar menyiapkan dana stimulus bagi pelaku usaha yang selama ini merugi akibat pandemi corona virus di Aceh.

"Ini perlu segera disiapkan, anggaran juga sudah ada disiapkan oleh pemerintah, berikan dukungan modal kepada pelaku usaha yang berdampak agar mereka bisa menjalankan usaha kembali," katanya.

Pemerintah jangan terkesan pelit, berikan dukungan semaksimal mungkin kepada masyarakat pelaku UMKM.

"Selama ini, hanya terdengar saja uang begitu besar, akan tetap tidak berbekas di masyarakat," tutupnya.

Penulis:Rol
Rubrik:DPRA

Komentar

Loading...