Plt Gubernur Aceh Minta Bupati Aceh Barat Angkat Kembali Keuchik yang Diberhentikan

Surat Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah untuk Bupati Aceh Barat Ramli MS. (Ist)

Meulaboh, Acehportal.com -  Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meminta kepada Bupati Aceh Barat, Ramli MS untuk mengangkat kembali sejumlah kepala desa (Keuchik) yang sempat diberhentikan sebelumnya. Hal itu disampaikan Gubernur Aceh melalui surat bernomor 141/7582 yang beredar Jumat (22/5/2020) lalu.

Dikatakannya dalam surat itu, permintaan tersebut disampaikan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah sebagaimana keputusan Mahkamah Agung serta perihal tersebut juga tindaklanjut dari surat pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat yang dilayangkan pada 5 April.

Adapun perihalnya yaitu permohonan audensi untuk tindak lanjut aspirasi masyarakat dengan pemerintah Aceh.

Menindaklanjuti hal tersebut, pemerintah Aceh telah melakukan pertemuan secara terpisah dengan pimpinan DPRK dan pejabat pemerintah Aceh Barat yang saat itu dihadiri langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Barat beserta Jajarannya.

Antara lain, terkait permasalahan pemberhentian Keuchik dan pengangkatan pejabat Keuchik serta tindak lanjut pasca terbitnya putusan Mahkamah Agung nomor 531K/TUN/2019 Nomor 558 K/TUN/2019, Nomor 559 K/TUN/2019 dan beberapa putusan Mahkamah Agung lainnya terkait dengan pembatalan keputusan Bupati Aceh Barat tentang pemberhentian sementara kepala desa dan pengangkatan pejabat Keuchik.

Disebutkan dalam surat itu, Plt Gubernur Aceh meminta kepada Bupati Aceh Barat Ramli MS, bagi Keuchik yang masih tersisa jabatannya untuk segera mengangkat para Kepala desa yang diberhentikan dengan waktu paling lambat empat belas hari sejak diterima surat itu.

Sementara itu, Bupati Aceh Barat diminta untuk menindaklanjuti putusan Mahkamah Agung tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yaitu bagi Keuchik yang sudah berakhir masa jabatannya agar segera diangkat pejabat Keuchik sesuai peraturan perundang-undangan.

Di dalam surat itu juga disampaikan terkait pengangkatan pejabat Keuchik berdasarkan Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2009 tentang tatacara pemilihan dan pemberhentian Keuchik Antara lain, pada pasal 45 ayat 1 ditegaskan bahwa, "Pejabat Keuchik diangkat dari Sekretaris Gampong atau aparat pemerintah daerah yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati atau Wali Kota.

Selanjutnya, Pada Pasal 52 disebutkan bahwa hal-hal yang belum diatur dalam Qanun ini sepanjang mengenai peraturan pelaksanaannya diatur lebih lanjut dengan peraturan Bupati atau Wali Kota.

Dalam surat itu, Mahkamah Agung perintahkan Bupati Aceh Barat agar melantik kembali sejumlah Keuchik yang sempat dipecat. Ia juga menegaskan dalam hal pengangkatan kembali para Keuchik yang sudah diberhentikan itu untuk dilaporkan kepada pemerintah Aceh paling lambat 17 Juni 2020 ini.

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...