Meski Tak Ada Pawai Takbiran, Suasana Kota Banda Aceh Ramai Malam Lebaran

Suasana kawasan Simpang Lima Banda Aceh saat malam lebaran, Sabtu (23/5/2020). (Hafiz Erzansyah/Acehportal.com)

Banda Aceh, Acehportal.com - Suasana malam lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah di kota Banda Aceh ramai seperti tahun-tahun sebelumnya. Padahal, di tahun ini pawai takbiran tak diselenggarakan mengingat sedang mewabahnya virus Corona (Covid-19) di hampir seluruh belahan dunia.

Pantauan Acehportal.com, Sabtu (23/5/2020) malam, suasana kota diramaikan dengan lalu lalang masyarakat menggunakan kendaraannya di sejumlah kawasan seperti Simpang Lima, Simpang Jam Taman Bustanussalatin (Taman Sari), Pasar Aceh hingga kawasan Ulee Lheue.

Dari sejumlah kawasan itu, Pasar Aceh merupakan kawasan yang sangat padat. Terlihat masyarakat kota Banda Aceh berbelanja untuk persiapan lebaran di salah satu pasar yang terkenal di kota Banda Aceh tersebut.

Hal ini berbanding terbalik dengan anjuran pemerintah yang melarang masyarakat untuk tidak berkumpul atau berjaga jarak guna mencegah penyebaran Covid-19, meskipun Aceh merupakan wilayah yang kesembuhan Covid-19-nya berada di nomor pertama tingkat nasional.

Di kawasan lainnya seperti Ulee Lheue, Simpang Lima dan Simpang Jam terlihat masyarakat memadati jalanan. Mereka berlalu-lalang di kawasan itu menggunakan kendaraannya masing-masing.

Selain itu, di kawasan Simpang Lima juga terlihat ramai masyarakat yang duduk di pinggir jalan. Padahal sejak kemarin pemerintah telah menetapkan bahwa malam ini tidak diselenggarakan pawai takbiran seperti biasanya.

Tampak petugas gabungan dari TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan lainnya berjaga di sejumlah ruas jalan. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan di wilayah tersebut.

Hal menarik terlihat di salah satu rumah yang ada di kawasan Simpang Jam. Dimana, pagar rumah tersebut dikelilingi obor yang sengaja dibuat dan si pemilik rumah bertakbir menggunakan perangkat pengeras suara di depan rumahnya.

Mungkin, ini patut dicontoh masyarakat daripada harus keluar rumah dan memadati kawasan jalan, terutama di saat wabah Corona (Covid-19) masih melanda di Indonesia, khususnya Aceh.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...