YARA Usulkan Perusahaan Tidak Membayar Zakat Angkat Kaki Dari Aceh Barat

Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Barat, Hamdani. (Ist)

Meulaboh, Acehportal.com - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) sesalkan sikap PT Karya Tanah Subur (KTS) Astra Agro Lestari Tbk yang tidak membayar zakat kepada baitul mal Aceh Barat. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa PT KTS tersebut beroperasi di wilayah Aceh Barat.

"Seharusnya perusahaan tersebut patuh terhadap kekhusuhan Aceh kerena dalam pengelolaan zakat di Aceh di atur dalam Qanun Nomor 10 Tahun 2018 tentang Baitul Mal sebagaimana yang disebut dalam Pasal 102 yang mewajibkan setiap badan usaha yang berusaha di Aceh membayar Zakat, Infaq dan Shadaqah," kata Ketua YARA Perwakilan Aceh Barat, Hamdani melalui rilisnya Sabtu (23/5/2020).

Dikatakannya, terlepas dari perusahaan tersebut mengikuti aturan atau manajemen dari perusahaan pusat maupun mereka membayar zakat di baznas itu merupakan tanggung jawab dari perusahaan di pusat.

Namun, perusahaan yang berada di daerah wajib mengikuti peraturan di daerah, apalagi dasar dari Qanun Nomor 10 Tahun 2018 tentang Baitul Mal itu terbentuk mengikuti aturan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh.

"PT KTS Astra Agro Lestari Tbk telah melanggar aturan kekhususan Aceh karena tidak menyetorkan zakat sebagaimana regulasi yang telah ada di Aceh," katanya.

Ia juga berharap kepada Bupati dan Dewan perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat untuk turun tangan dalam persoalan ini. Sehingga, setiap perusahaan yang beroperasi di wilayah Aceh Barat baik BUMN maupun perusahaan swasta yang manajemennya berpusat di luar Aceh bisa mematuhi setiap aturan yang berlaku di Aceh.

"Jangan sampai perusahaan perusahaan yang beroperasi di Aceh Barat tidak patuh terhadap aturan kedepannya," tegasnya.

Jika ada perusahaan yang tidak mematuhi aturan sebagaimana yang berlaku di Aceh, lanjut Hamdani, lebih baik perusahaan tersebut angkat kaki saja dari Aceh Barat.

"Karena zakat merupakan bagian dari membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan serta itu juga merupakan perintah agama yang ikut di atur oleh negara lewat regulasi selain dari pajak," tutupnya.

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...