Imigran Rohingya dan TKI Tak Terpantau di Perairan Aceh

Salah satu kapal patroli milik Polairud di Pelabuhan Kuala Langsa (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Para imigran Rohingya yang beberapa waktu lalu dikabarkan berlayar menuju Malaysia dan sempat mendekati perairan Indonesia yakni Aceh, hingga kini tidak terpantau masuk ke perairan Aceh.

Hal ini dikatakan Dir Polairud Polda Aceh, Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro didampingi Kasi Intel, AKP Saiful Hadi, Selasa (19/5/2020).

"Sampai sekarang tidak ada kapal yang membawa imigran Rohingya masuk ke Aceh, kami terus memantau perairan Aceh untuk memastikan apakah ada kapal imigran itu atau tidak," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Satgas 125 PPLN Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) RI menginformasikan ada sekitar 500 imigran Rohingya yang berlayar menggunakan dua kapal motor menuju Malaysia.

Tak menutup kemungkinan, kapal motor yang membawa imigran Rohingya asal Myanmar itu masuk ke perairan Indonesia, khususnya di wilayah Aceh.

"Dari patroli yang dilakukan sejak kemarin dari perairan Banda Aceh hingga pesisir timur di perairan Aceh Timur, tidak ditemukan kapal yang membawa imigran Rohingya," kata Direktur.

Ia mengungkapkan, meski tak ditemukan adanya imigran Rohingya, Dit Polairud Polda Aceh terus melakukan patroli secara rutin, baik di kawasan perairan maupun udara.

"Patroli perairan dilakukan lima kapal patroli milik Dit Polairud Polda Aceh serta didukung kapal patroli di Sat Polairud Polres jajaran, sementara untuk patroli udara dilakukan dengan satu unit helikopter," ungkapnya.

Selain memantau para imigran Rohingya, Dit Polairud Polda Aceh juga melakukan pemantauan terhadap kedatangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berupaya pulang melalui perairan Aceh.

"Itu (para TKI) juga tidak terpantau masuk perairan Aceh, khususnya di kawasan pesisir timur," tambah Direktur.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...