15 Rumah Terkikis Gelombang Pasang, Belasan Warga Pasir Mengungsi

Gelombang Pasang Purnama ancam sebagian rumah warga Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat, Selasa (19/5/2020). (Dok: DiliputNews.co)

Meulaboh, Acehportal.com - Sebanyak 15 rumah warga di Gampong Pasir, Kecamatan Johan Pahlawan, Aceh Barat terkikis akibat gelombang pasang purnama. Diperkirakan sebulan terakhir ini peristiwa itu terjadi semakin parah sehingga sebagian masyarakat yang bermukim di bibir pantai tersebut terpaksa mengungsi.

"Diperkirakan ada 15 rumah warga yang saat ini terkikis bagian belakangnya akibat gelombang pasang surut, sementara ini warga yang mengungsi ada tiga Kepala Keluarga (KK) atau sebanyak sebelas jiwa," kata Keuchik Gampong Pasir, Indra Gunawan kepada Acehportal.com, Selasa (19/5/2020).

Dikatakannya, gelombang pasang surut ini terjadi setiap tahun namun tidak separah ditahun 2020 ini sampai mengenai belasan rumah warga terkikis akibat gelombang pasang surut yang begitu dahsyat.

"Hampir setiap tahun pasang purnama itu terjadi, tapi ditahun 2020 ini saya melihat gelombangnya begitu dahsyat, sampai tiga atau empat kali gelombang besar itu terjadi," ucapnya.

Sementara itu, kata Indra, akibat gelombang pasang itu, saat ini badan jalan perbatasan Gampong Pasir dan Gampong Suak Indrapuri terancam putus dan saat ini sekitar 3,5 meter badan jalan tersebut telah amblas akibat abrasi yang hanya tersisa 1,5 meter dari lebar sebelumnya mencapai 5 meter.

"Saya berharap pemerintah untuk segera melakukan penanganan sehingga pemukiman desa tersebut tidak hilang perlahan-lahan akibat pasang gelombang itu," harapnya.

Dirinya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di desa tersebut yang tinggal di berdekatan dengan bibir pantai untuk tetap waspada dari ancaman gelombang pasang itu.

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:DaerahPeristiwa

Komentar

Loading...